Tinjauan yuridis tentang tindak pidana pencemaran nama baik dihubungkan dengan Pasal 311 Ayat (1) KUHP : Studi Putusan nomor 672/Pid.B/2020/Pn.Bdg)=

Agustyna, Teysha (2023) Tinjauan yuridis tentang tindak pidana pencemaran nama baik dihubungkan dengan Pasal 311 Ayat (1) KUHP : Studi Putusan nomor 672/Pid.B/2020/Pn.Bdg)=. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Hukum akan selalu berkembang dengan seiring berkembangnya masyarakat khususnya perkembangan pada bidang teknologi. Pemanfaatan teknologi tidak hanya membawa dampak positif, tetapi juga dampak negatif bagi kehidupan manusia salah satunya tindak kejahatan seperti pencemaran nama baik. Tidak jarang ditemukan berita mengenai pelaporan pencemaran nama baik dengan jeratan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008. Kasus yang terjadi pada penelitian ini yaitu terdakwa ASP BIN NS telah melakukan penghinaan dan pencemaran nama baik yang dilakukan dengan berawal dari adanya perasaan kesal terdakwa kepada saksi korban AD yang merupakan atasan terdakwa di kantor wilayah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan melakukan tinjauan secara yuridis tentang tindak pidana pencemaran nama baik dihubungkan dengan pasal 311 ayat (1) KUHP pada Studi Putusan Nomor 672/Pid.B/2020/Pn.Bdg. Kerangka pemikiran pada penelitian yaitu menggunakan beberapa teori terhadap tindak pencemaran nama baik diantaranya teori penegakan hukum, teori pemidanaan dan teori penanggulangan kejahatan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis dengan menggunakan teori kualitatif dengan menggunakan kajian normatif Jenis penelitian yang digunakan adalah kajian Yuridis hukum normatif dengan pendekatan permasalahan perundang-undangan (statue approach) dan pendekatan kasus (case approach). Hasil dari penelitian ini yaitu dalam putusan Nomor: 672/Pid/B/2020/PN Bandung dapat diketahui bahwa dasar pertimbangan yang digunakan oleh Majelis Hakim dalam pemidanaan adalah dari segi hukum (yuridis) dan dari segi non hukum (non yuridis) dan dalam memberikan putusannya hakim mempunyai dua pertimbangan yaitu, dari segi formil dan segi materiil. Pada Putusan Nomor 672/Pid.B/2020/PN. Bandung yang mengadili terdakwa ASP dengan dakwaan tunggal dalam melakukan tindak pidana pencemaran nama baik melalui media digital yaitu Pasal 311 ayat (1) KUHP dan Pasal 310 ayat (2) KUHP Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008. Ari Surtisna telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan yang memenuhi unsur-unsur pidana yang terkandung di dalam pasal 311 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tindak pidana; Pencemaran nama baik; UU ITE.
Subjects: Law
Law > Conflict of Law
Private Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Teysha Agustyna
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:54
Last Modified: 13 Nov 2023 02:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81727

Actions (login required)

View Item View Item