Perubahan sosial pasca pembangunan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC): Penelitian di Kelurahan Cirangrang Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung

Nashiroh, Alfiyatun (2023) Perubahan sosial pasca pembangunan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC): Penelitian di Kelurahan Cirangrang Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan merupakan suatu perubahan yang membawa keadaan lebih baik juga lebih maju dari pada keadaan sebelumnya. Salah satu bentuk pembangunan yang dapat menjadi sumbangsih bagi proses perubahan menuju keadaan yang lebih baik yaitu pembangunan infrastruktur. Di Indonesia sendiri pembangunan infrastruktur yang sedang fokus dilaksanakan yaitu pembangunan infrastruktur transportasi. Salah satu bukti nyata fokus pemerintah dalam pembangunan infrastruktur transportasi yaitu dengan hadirnya pembangunan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Pemerintah mengklaim bahwa terdapat banyak manfaat yang akan dirasakan dari pembangunan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Akan tetapi pada proses pembangunannya banyak menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perubahan sosial masyarakat di Kelurahan Cirangrang pasca adanya pembangunan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dan untuk mengetahui faktor-faktor pendorong terjadinya perubahan sosial masyarakat di Kelurahan Cirangrang Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung pasca pembangunan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori William F. Oghburn yang menyatakan bahwa teknologi dapat mendorong adanya perubahan. Teknologi juga mampu mengubah masyarakat melalui lima tahap, yaitu tahap penciptaan, tahap penemuan, tahap difusi, tahap akumulasi, dan tahap penyesuaian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kulitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalu teknik observasi nonpartisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan sosial pasca adanya pembangunan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di Kelurahan Cirangrang. Perubahan sosial yang terjadi termasuk ke dalam perubahan cepat dan perubahan lambat serta perubahan yang dikehendaki dan tidak dikehendaki. Bentuk perubahan sosial terwujud dalam skala besar dan kecil yang meliputi hilangnya mata pencaharian petani, hilangnya tempat bermain anak-anak, berubahnya akses jalan, demonstrasi yang meningkatkan rasa solidaritas warga, berkurangnya jumlah penduduk, lowongan pekerjaan baru, meningkatnya pendapatan pemilik warung, dan perubahan pada lingkungan. Adapun faktor-faktor pendorong terjadinya perubahan sosial di Kelurahan Cirangrang yaitu adanya toleransi dalam diri masyarakat, hilangnya lahan pertanian, dan berubahnya akses jalan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial; Pembangunan KCIC; Kelurahan Cirangrang
Subjects: Social Process > Social Change
Factors Affecting Social Behaviour > Causes of Migration
Area Planning > Plans for Transportation Facilities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Alfiyatun Nashiroh
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:44
Last Modified: 08 Nov 2023 02:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81728

Actions (login required)

View Item View Item