Tindakan sosial Wanita Pria (Waria) sebagai upaya mengurangi diskriminasi : Penelitian pada Komunitas Srikandi Pasundan di Kota Bandung

Mahbubillah, Aisyah Adhawiyah (2023) Tindakan sosial Wanita Pria (Waria) sebagai upaya mengurangi diskriminasi : Penelitian pada Komunitas Srikandi Pasundan di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perlakuan diskriminasi masyarakat yang menyasar pada kelompok marjinal LGBT terutama kepada waria yang merupakan bagian yang paling mudah ditemui keberadaannya di masyarakat. Atas kondisi tersebut, muncul gerakan kolektif yang berasal dari kelompok waria yang bertuan untuk menghilangkan diskriminasi, salah satunya adalah Komunitas Srikandi Pasundan yang berpusat di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tindakan sosial yang dilakukan oleh Komunitas Srikandi Pasundan sebagai upaya untuk mengurangi diskriminasi terhadap waria, pengaruh tindakan sosial yang dilakukan oleh tersebut terhadap kehidupan sosial waria dan apa saja faktor pendorong dan penghambat yang dialami oleh Komunitas Srikandi Pasundan dalam upaya untuk mengurangi diskriminasi. Penelitian ini menggunakan teori tindakan rasional instrumental Max Weber. Tindakan rasional instrumental merupakan tindakan yang menggunakan pertimbangan yang logis dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Melalui perencanaan terhadap tujuan yang akan dicapai, kemudian diiringi dengan rasionalitas maka tujuan tersebut akan lebih mudah tercapai. Metode penelitian yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dengan pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dengan mereduksi data, menyajikan data lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan sosial yang dilakukan oleh Komunitas Srikandi Pasundan dalam mengurangi disrkiminasi adalah menciptakan wilayah inklusi sosial, memperbaiki hubungan waria dengan keluarga, melatih kemandirian ekonomi, melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga dan melakukan kegiatan sosial. Pengaruh yang dirasakan oleh waria di Komunitas Srikandi Pasundan berkurangnya diskriminasi sehingga mereka memiliki kehidupan soial yang lebih baik dari sebelumnya. Faktor pendorong dalam upaya mengurangi diskriminasi berupa kekeluargaan yang erat diantara anggota dan sambutan baik dari para stakeholder dan pemberitaan yang kurang memihak pada waria.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tindakan Sosial; Diskriminasi Waria; Komunitas Srikandi Pasundan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Social Groups
Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aisyah Adhawiyah Mahbubillah
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:34
Last Modified: 08 Nov 2023 04:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81734

Actions (login required)

View Item View Item