pelaksanaan sistem kerjasama penggarapan sawah di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah

Ayuni, Wini (2023) pelaksanaan sistem kerjasama penggarapan sawah di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (883kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)

Abstract

Skripsi ini membahas bagaimana kerjasama gadai yang terjadi di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi, kerjasama ini dilakukan sejak lama secara turun temurun oleh masyarakat. Dimana rahin menggadaikan sawahnya kepada murtahin (pemberi uang). Kemudian ketika akad gadai itu sudah di sepakati maka berpindah tangan kepada murtahin. Selama barang jaminan gadai berada di tangan murtahin maka hak pengambilan manfaat menjadi sepenuhnya hak murtahin dan tidak ada batas waktu dalam pengembilan pinjaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Sistem Kerjasama Penggarapan Sawah di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi di Tinjau Dari Hukum Ekonomi Syari’ah? Bagaimana Analisis Hukum Ekonomi Syari’ah Terhadap Pelaksaan Sistem Kerjasama Penggarapan Sawah di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi di Tinjau dari Hukum Ekonomi Syari’ah? Melalui penelitian ini dapat kita pahami bahwa akad Kerjasama (syirkah) merupakan kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk melakukan suatu kegiatan tertentu. Masing-masing pihak melakukan kontribusi yaitu dengan cara memberikan dana ( amal/expertise) berdasarkan kesepakatan bersama. Kerjasama yang dibahas yaitu mengenai Gadai (Rahn) dimana gadai itu merupakan suatu akad utang piutang dengan jaminan barang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Lapangan (Field Reseach) yang dilaksanakan di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi. Untuk mendapatkan data yang valid, penyusun menggunakan beberapa metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan beberapa penggadai dan penerima gadai, sumber data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen, catatan dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dalam pelaksanaan kerjasama gadai sawah yang dilakukan masyarakat Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi sebagai berikut: yang melatarbelakangi gadai sawah di Kecamatan Surade yaitu faktor ekonomi, faktor pendidikan dan faktor kebudayaan. Terdapat niat ingin membantu dan memanfaatkan apa yang digadaikan rahin. Pelaksanan akad dilakukan secara lisan tanpa ada bukti tertulis serta tidak adanya batasan waktu. Dalam pemanfaatan gadai sepenuhnya jatuh kepada murtahin (penerima gadai) sampai rahin menebus barang jaminan tersebut. Pelaksanaan gadai tanpa batas waktu ini tidak sesuai dengan ajaran Islam karna ada rukun dan syarat yang tidak terpenuhi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Deskriftif; Kerjasama( Syirkah); Gadai (Rahn);
Subjects: Islam
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Wini Ayuni
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:36
Last Modified: 08 Nov 2023 01:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81740

Actions (login required)

View Item View Item