Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi PT. United Tractors Tbk. periode 2012-2022

Wahid, Hapidul (2023) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi PT. United Tractors Tbk. periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Berinvestasi pada umumnya mengharapkan keuntungan yang maksimal dengan risiko yang minimal. Dengan demikian para investor memerlukan informasi-informasi yang relevan. Salah satu rasio yang dapat digunakan untuk mengukur suatu perusahaan dalam menghasilkan keuntungan ialah Return On Assets (ROA). Keuntungan yang didapat oleh perusahaan bisa diketahui dengan alat pengukuran analisis laporan keuangan seperti Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA); mengetahui pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA); mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. United Tractors Tbk. periode 2012-2022. Kerangka pemikiran pada penelitian ini yaitu Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA), sebab apabila keduanya dalam perusahaan mengalami kenaikan maka dapat menurunkan tingkat Return On Assets (ROA) yang diperoleh, begitu pun sebaliknya, apabila keduanya mengalami penurunan maka Return On Assets (ROA) akan mengalami kenaikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder runtun waktu (time series) yang didapat dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. United Tractors Tbk. periode 2012-2022. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan regresi berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi, serta analisis uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) CR secara parsial tidak berpengaruh terhadap ROA dengan nilai koefisien R2 sebesar 0,136 atau 13,6%. Hasil nilai thitung ≤ ttabel = -1,188 < 2,262, dan nilai signifikan 0,265 maka Ho diterima dan Ha ditolak. (2) DER secara parsial tidak berpengaruh terhadap ROA dengan nilai koefisien R2 sebesar 0,023 atau 2,3%. Hasil nilai thitung ≤ ttabel = -0,461 < 2,262, dan nilai signifikan 0,655 maka Ho diterima dan Ha ditolak. (3) Kemudian secara simultan CR dan DER terhadap ROA dengan nilai koefisien R2 sebesar 0,296 atau 29,6%, dan menunjukkan hasil nilai Fhitung dan Ftabel yaitu 1,681 < 4,46 dengan nilai signifikansi 0,246 > 0,05. Perbandingan tersebut disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, artinya CR dan DER secara simultan tidak berpengaruh terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt To Equity Ratio (DER); Return On Assets (ROA);
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Hapidul Wahid
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:07
Last Modified: 08 Nov 2023 04:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81755

Actions (login required)

View Item View Item