Pengaruh pestisida Nabati ekstrak Umbi Gadung (Discorea Hispida Dennst) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Mentimun (Cucumis Sativus) yang diinvestasikan Hama Ulat Grayak (Spodoptera Litura)

Nurhanipah, Nurhanipah (2023) Pengaruh pestisida Nabati ekstrak Umbi Gadung (Discorea Hispida Dennst) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Mentimun (Cucumis Sativus) yang diinvestasikan Hama Ulat Grayak (Spodoptera Litura). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

Mentimun (Cucumis Sativus) merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat dan mudah dibudidayakan. Salah satu faktor penghambat dalam budidaya tanaman mentimun (Cucumis Sativus) adalah adanya serangan hama ulat grayak (Spodoptera Litura). Ulat grayak dapat merusak tanaman hingga menyebabkan gagal panen. Pengendalian yang dapat dilakukan adalah pengendalian menggunakan pestisida nabati ekstrak umbi gadung (Discorea hispida Dennst) yang mengandung racun dioscorin, saponin, flavonoid, alkaloid dan tanin yang diharapkan dapat mengendalikan hama ulat grayak (Spodoptera litura). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi dan konsentrasi pestisida nabati ekstrak umbi gadung (Discorea hispida Dennst) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun (Cucumis sativus) yang diinvestasikan hama ulat grayak (Spodoptera litura). Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei–agustus 2023 di Laboratorium Agroteknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan di Desa Cikadu, Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) 6 taraf perlakuan (P0 = kontrol, P1 = 2.000 ppm, P2 = 3.000 ppm, P3 = 4.000 ppm, P4 = 5.000 ppm dan P5 = 6.000 ppm) dengan 4 ulangan pada uji pendahuluan dan eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAK) sederhana 6 taraf perlakuan (P0 = kontrol, P1 = 2.000 ppm, P2 = 4.000 ppm, P3 = 6.000 ppm, P4 = 8.000 ppm dan P5 = 10.000 ppm) dengan 4 ulangan pada uji utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pestisida nabati ekstrak umbi gadung berpengaruh terhadap mortalitas, intensitas, bobot pakan yang dimakan ulat grayak serta pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun dengan konsentrasi terbaik adalah P5 (100.000 ppm).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mentimun; Spodoptera litura; Umbi gadung
Subjects: Administration of Economy > Administration of Agriculture
Plant Injuries > Insect Pests
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Nurhanipah Nurhanipah
Date Deposited: 13 Nov 2023 08:24
Last Modified: 13 Nov 2023 08:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81756

Actions (login required)

View Item View Item