Strategi modal sosial dalam pembangunan Desa Wisata : Penelitian di Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci Kelurahan Pasirjati Kecamatan Ujungberung Kota Bandung

Agnis, Sophie Fauzya (2023) Strategi modal sosial dalam pembangunan Desa Wisata : Penelitian di Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci Kelurahan Pasirjati Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan tidak adanya peningkatan jumlah pengunjung dari Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci. Berbagai kendala dan hambatan yang ada seperti kurangnya antusiasme masyarakat dan kurangnya rasa saling memiliki, juga tidak adanya pembangunan lanjutan dari pihak pengelola untuk melengkapi fasilitas pendukung bagi pengunjung seperti home stay yang diakibatkan karena keterbatasan modal fisik dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi apa saja yang sudah terbentuk dalam pembangunan Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci, dan apakah strategi tersebut sudah sesuai dengan usnur-unsur yang ada dalam konsep modal sosial. Lalu untuk membedah faktor-faktor yang menjadi pendukung maupun penghambat dari pengembangan Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Konsep Modal Sosial dari James Coleman yang mengemukakan bahwa konsep modal sosial digunakan sebagai wadah untuk menjelaskan bagaimana individu atau komunitas menjalankan kerjasama. Konsep ini digunakan peneliti untuk memberikan penjelasan mengenai unsur-unsur yang membentuk modal sosial itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari informan sementara data sekunder diperoleh dari Kelompok Sadar Wisata Kelurahan Pasirjati. Adapun teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi-strategi yang terbentuk dalam pembangunan Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci sudah sesuai dengan usnur-unsur yang ada pada konsep modal sosial. Adapun bentuknya seperti: proses sosialisai yang dilakukan untuk membangun kepercayaan warga dan terjalinnya hubungan timbal balik antara pengelola dengan warga dalam keterlibatan warga pada proses pembangunan. Lalu terdapat pula faktor pendukung dari keberlangsungan kampung wisata kreatif seperti keanekaragaman budaya, proses promosi yang dilakukan, dan pemeliharaan fasilitas umum dengan baik. Dan yang menjadi faktor penghambatnya yakni kurangnya kesadaran masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan; Modal Sosial; Strategi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Process > Social Norms
Area Planning > Procedural and Social Aspect
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Sophie Fauzya Agnis
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:59
Last Modified: 08 Nov 2023 00:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81776

Actions (login required)

View Item View Item