Solidaritas sosial masyarakat dalam menghadapi bencana banjir : Studi kasus pada masyarakat di Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya

Khoerunnisa, Nanis (2023) Solidaritas sosial masyarakat dalam menghadapi bencana banjir : Studi kasus pada masyarakat di Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang solidaritas sosial yang terjadi antar masyarakat di perdesaan dalam menghadapi bencana banjir yang dikaji melalui perspektif teori solidaritas sosial. Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya menjalin kekompakkan dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat tanpa memandang perbedaan setiap orang sehingga menciptakan adanya solidaritas sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk solidaritas sosial masyarakat dalam menghadapi bencana banjir di Desa Cikupa, Kabupaten Tasikmalaya dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi solidaritas sosial masyarakat dalam menghadapi bencana banjir di Desa Cikupa, Kabupaten Tasikmalaya. Adapun teori Sosiologi yang digunakan untuk mengkaji penelitian ini yaitu teori solidaritas sosial oleh Emile Durkheim. Solidaritas merupakan kondisi dimana satu individu dengan individu lainnya memiliki rasa percaya yang cukup kuat, yang pada akhirnya dapat membentuk kekerabatan dan persahabatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pertama, terdapat beberapa bentuk solidaritas sosial yang dilakukan oleh warga Desa Cikupa dalam menghadapi bencana banjir. Bentuk yang pertama adalah bantuan dari para warga dalam bentuk tempat yang memfungsikan saung – saung miliknya menjadi tempat penampungan barang-barang berharga para warga yang rumahnya terendam banjir. Bentuk yang kedua adalah para warga yang memberi bantuan mulai dari obat-obatan, makanan, hingga pakaian. Bentuk ketiga adalah para warga yang membantu mengamankan surat-surat berharga milik warga yang hampir terendam banjir. Adapun faktor-faktor yang mendorong terjadinya solidaritas sosial antar masyarakat di Desa Cikupa adalah karena komunikasi yang intens antar warga, adanya rasa timbal balik, adanya perbedaan yang disikapi dengan solidaritas, dan keterlibatan atau kontribusi setiap warga dalam mengikuti acara desa. Terakhir, hasil yang dapat dicapai dari adanya solidaritas sosial antar warga di Desa Cikupa ini memberikan dampak yang positif, diantaranya para warga jadi sangat terbantu baik dalam hal pemenuhan bantuan makanan, tempat tinggal, dan lain sebagainya. Selain itu bencana banjir yang melanda Desa Cikupa juga menjadi lebih mudah untuk dihadapi karena masing-masing warga saling bergotong royong dan saling membantu satu sama lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas Sosial; Mekanik; Bencana Banjir;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Sociology and Anthropology, Society > Nonliterate Societies
Diseases
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nanis Khoerunnisa
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:29
Last Modified: 08 Nov 2023 02:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81778

Actions (login required)

View Item View Item