Solidaritas sosial pada organisasi mahasiswa : Penelitian di Himi Persis angkatan 2021/2022 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Juanah, Desti (2023) Solidaritas sosial pada organisasi mahasiswa : Penelitian di Himi Persis angkatan 2021/2022 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan berorganisasi dapat mengembangkan sifat sifat yang positif, seperti kepedulian terhadap lingkungan sosial maupun alamnya, berakhlak mulia, jujur, kritis, kreatif, bertanggung jawab, dan loyal. Sehingga mampu berperan serta dalam menyelesaikan sedikit demi sedikit permasalahan di masyarakat dan tentunya akan meningkatkan kualitas kepemimpinan bangsa. Begitu pula dengan Himi Persis yang merupakan organisasi ekstra kampus juga wadah untuk menaungi aktivitas dan kreativitas mahasiswi yang berfungsi untuk menumbuhkan tanggung jawab, kesadaran dan kemandirian mahasiswi sebagai persiapan untuk terjun ke arah yang lebih luas. Dengan demikian berorganisasi diperlukan adanya solidaritas yang solid agar dapat menciptakan kekuatan dan kesatuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja ciri khas solidaritas sosial dalam organisasi yang dapat membedakan dengan organisasi mahasiswa yang lain, bentuk bentuk solidaritas sosial yang terjalin dalam organisasi sesama anggotanya dalam organisasi, serta penyebab terjadinya solidaritas sosial Himi Persis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Teori yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Teori Solidaritas Sosial dari Emile Durkheim yang mengemukakan bahwa solidaritas merupakan suatu hubungan antara individu atau kelompok yang terikat dengan perasaan moral dan kepercayaan yang dianut bersama dan diperkuat oleh pengalaman emosional bersama. Jadi terbentuknya solidaritas karena memiliki kesamaan baik itu dari latar belakang yang sama, kepercayaan yang sama dan diperkuat dengan pengalaman emosional bersama. Jika tidak memiliki kesamaan dalam hal apapun maka akan terasa sulit untuk terciptanya solidaritas sosial pada hubungan antara individu atau kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi untuk mendapatkan informasi solidaritas sosial pada organisasi mahasiswa Himi Persis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Teknik analisis data yang digunakan dalam Penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa solidaritas yang terjalin pada organisasi mahasiswa Himi Persis UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah solidaritas organik. Karena adanya pembagian kerja, kesamaan latar belakang, dan kesamaan nilai nilai yang dianut bersama oleh anggota Himi Persis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas sosial; Organisasi Mahasiswa; Himi Persis UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Subjects: Communities
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Desti Juanah
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:56
Last Modified: 08 Nov 2023 00:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81794

Actions (login required)

View Item View Item