Eksploitasi anak di bawah umur dalam menunjang ekonomi keluarga : Studi kasus anak jalanan di sekitar lampu merah Buah Batu Kota Bandung

Kania, Bunga Anggraeni (2023) Eksploitasi anak di bawah umur dalam menunjang ekonomi keluarga : Studi kasus anak jalanan di sekitar lampu merah Buah Batu Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Eksploitasi anak di bawah umur merupakan tindakan sewenang-wenang dan perlakuan yang bersifat diskriminatif terhadap anak yang dilakukan oleh masyarakat ataupun keluarga dengan tujuan memaksa anak tersebut untuk melakukan sesuatu tanpa memperhatikan hak anak seperti perkembangan fisik dan psikisnya. Permasalahan eksploitasi anak jalanan merupakan masalah sosial yang harus diatasi dengan cepat agar anak dan keluarga dapat berfungsi secara sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab terjadinya eksploitasi anak jalanan, bentuk-bentuk eksploitasi anak jalanan, dampak eksploitasi anak jalanan, dan upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi eksploitasi anak jalanan di kawasan lampu merah Buah Batu Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori eksploitasi yang dikemukakan oleh Terry E Lawson. Menurut teori ini eksploitasi anak merupakan perlakuan semena-mena atau sikap diskripminatif yang dilakukan oleh orang tua atau masyarakat kepada anak. Eksploitasi anak terjadi karena faktor intern yaitu faktor yang berasal dari keluarga dan ekstern yaitu faktor yang berasal dari luar seperti faktor lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode ini dapat menjelaskan fakta secara aktual dan sistematis. Dalam metode ini peneliti menyusun data yang didapat secara akurat dan tersusun dari para narasumber atau informan yang bersangkutan, setelah mengumpulkan informasi kemudian peneliti menganalisis data yang berhubungan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penyebab eksploitasi anak di sekitar lampu merah Buah Batu Kota Bandung yaitu karena faktor ekonomi, rendahnya tingkat pendidikan, kondisi keluarga yang tidak harmonis, dan budaya masyarakat. 2) Bentuk eksploitasi diantaranya, eksploitasi ekonomi oleh orang tua, dan eksploitasi fisik yang dilakukan oleh orang tua. 3) Dampak eksploitasi anak yaitu berdampak pada kesehatan, psikis anak dan juga terhadap pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anak Jalanan; Eksploitasi; Ekonomi Keluarga; Kemiskinan
Subjects: Culture and Institutions > Family
Econmics
Criminology > Child Abuse
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Bunga Anggraeni Kania
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:09
Last Modified: 08 Nov 2023 04:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81810

Actions (login required)

View Item View Item