Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan jual beli Bawang Merah dengan sistem Ijon di Desa Mekarmukti Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut

Wijaya, Candra (2023) Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan jual beli Bawang Merah dengan sistem Ijon di Desa Mekarmukti Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstark.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

Peneltian ini dilatar belakangi oleh adanya perilaku kebiasaan transaksi jual beli bawang merah dengan menggunakan sistem ijon, sedangkan didalam ketentuan jual beli berdasarkan fiqh muamalah tidak diperbolehkan adanya ketidakjelasan dalam setiap transaksi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Bagaimana pelaksanaan akad jual beli bawang merah dengan menggunakan sistem ijon di Desa Mekarmukti Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut, 2). Apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya jual beli bawang merah dengan sistem ijon di Desa Mekarmukti Kecamatan Cilawu kabupaten Garut, 3). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Pelaksanaan Jual Beli Bawang Merah dengan menggunakan sistem ijon di Desa Mekarmukti Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Penelitian ini berdasarkan pokok pikiran serta kajian teori yang berlandaskan pada konsep jual beli pada umumnya, jual beli ijon/mukhadarah, gharar, dan teori-teori yang berhubungan serta menjadi pedoman didalam setiap kegiatan bermuamalah. Metodologi yang digunakan didalam penelitian ini adalah deskriftif analisis, alasanya karena metode deskriftif analisis dapat menjelaskan, memaparkan dan menggambarkan pelaksanaan akad jual beli dengan sistem ijon, adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu wawancara, kajian pustaka, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan, 1). Pelaksanaan jual beli melalui beberapa tahapan: pembeli mendatangi penjual, survei lokasi tanaman, tawar menawar, ijab qabul, 2). Faktor-faktor penyebab terjadinya jual beli dengan sistem ijon diantaranya: a). Faktor Internal karena kebutuhan manusia serta keinginan yang tidak terbatas, b). Faktor Eksternal yaitu kebuidayaan dimana jual beli sudah menjadi kebiasaan, c). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Jual Beli Bawang Merah dengan menggunakan sistem Ijon di Desa Mekarmukti Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut terdapat ketidak jelasan dalam barang yang diperjual belikan sehingga belum sesuai dengan ketentuan syara’ sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW tentang jual beli mukhadarah yang dilarang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Sistem Ijon
Subjects: Religious Ethics
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Candra Wijaya
Date Deposited: 13 Nov 2023 00:35
Last Modified: 13 Nov 2023 00:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81812

Actions (login required)

View Item View Item