Pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat secara manfaat dan produktif pada Bazjabar (Penelitian dilakukan di BAZ Jabar Jl. Wastukancana No. 73 Bandung)

Nurlaela, Siti (2003) Pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat secara manfaat dan produktif pada Bazjabar (Penelitian dilakukan di BAZ Jabar Jl. Wastukancana No. 73 Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftraisi.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)

Abstract

Prinsip manfaat dan produktif tidaklah bermasalah bahkan merupakan suatu kebaikkan apabila digunakan oleh suatu badan atau lembaga, khususnya badan atau lembaga yang mengelola harta. Namun prinsip manfaat dan produktif ini akan jadi masalah apabila digunakan dalam pendayagunaaan dana zakat. Karena zakat merupakan salah satu ibadah yang telah diatur sedemikian rupa oleh syariat Islam baik dalam hal jumlah, waktu dan kadarnya bahkan dalam cara pembagiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Bagaimana Mekanisme Pendistribusian dan Pendayagunaan Dana Zakat secara Manfaat dan Produktif kepada Mustahik oleh BAZ Jabar. (2) Apa Kriteria yang dipakai BAZ Jabar dalam menentukan mustahik yang diberi dana zakat secara manfaat dan produktif . (3) Bagaimana Tinjauan Fiqih Muamalah terhadap Pendistribusian dan Pendayagunaan Dana Zakat secara Manfaat dan Produktif. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hukum Islam mempunyai sipat elastis dan fleksibel sehingga dapat memberikan jawaban terhadap masalah-masalah yang akan timbul pada saat sekarang ini dan juga pada masa yang akan datang. Dan sesuai dengan tujuan yaitu menciptakan kemaslahatan dan menghilangkan kemafsadatan serta menghilangkan kesulitan dan menimbulkan kemudahan bagi seluruh umat manusia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptip analisis karena kasus yang penulis angkat benar benar teijadi di masyarakat. Sedangkan tehnik pengumpulan data adalah dengan cara wawancara, observasi dan study kepustakaan. Adapun analisis yang digunakan adalah merujuk kepada hasil wawancara Penulis dengan Ketua dan Staf Pendistribusian dan Pendayagunaan Dana Zakat BAZ Jabar, ditambah dengan merujuk kepada buku-buku yang ada kaitannya dengan zakat. Berdasarkan hasil penelitian mekanisme pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat di BAZ Jabar dilakukan dengan dua cara, yaitu : pertama cara manfaat konsumtif dan kedua secara manfaat produktif, selain itu BAZ Jabarjuga menentukan kriteria khusus bagi para mustahik zakat yang diberi dana zakat secara produktifyaitu diantaranya: 1) Mustahik yang benar-benar punya usaha, 2) Masuk salah satu kategori asnaf, 3) Aktif dalam jamaah mesjid, 4) Punya.kelengkapan administrasi, 5) diutamakan mustahik yang berkelompok, 6) Adanya komitmen pembayaran dari pihak mustahik. Berdasarkan hasil penelitian, Penulis dapat menyimpulkan bahwa pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat dengan memakai prinsip manfaat dan produktif boleh dilakukan atas dasar Mashalih Mursalah yaitu pertimbangan kepentingan masyarakat dan atas dasar Istihsan yaitu inengambil ketetapan yang dipandang lebih baik sesuai tujuan hukum Islam, dengan jalan meninggalkan dalil khusus untuk mengamalkan dalil umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 10 Nov 2023 03:51
Last Modified: 10 Nov 2023 05:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81825

Actions (login required)

View Item View Item