Penerapan fungsi pengorganisasian dalam meningkatkan kemakmuran masjid : Studi di masjid jami’ Baiturrohman desa Sukagalih kec. Cikalongkulon kab Cianjur

Solehudin, Imam (2023) Penerapan fungsi pengorganisasian dalam meningkatkan kemakmuran masjid : Studi di masjid jami’ Baiturrohman desa Sukagalih kec. Cikalongkulon kab Cianjur. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

Dalam suatu lembaga pasti memerlukan pengorganisasian agar pekerjaan dilakukan dengan terstruktur demi mencapai tujuan spesifik, begitupun Masjid Jami’ Baiturrohman merupakan salah satu masjid yang ada di Cikalonkulon Kab. Cianjur yang telah mengalami berbagai perubahan, mulai dari kepengurusan maupun bangunan. Perubahan baik menandakan bahwa masjid tersebut makmur, kemakmuran masjid tidak lepas dari adanya peran fungsi manajemen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perumusan tujuan yang dilakukan DKM Masjid Jami’ Baiturrohman untuk memakmurkan masjid; (2) mekanisme pembagian tugas yang dilakukan DKM dalam memakmurkan masjid; dan (3) pelimpahan otoritas atau wewenang serta tanggung jawab kepada setiap anggota DKM Masjid Jami’ Baiturrohman terhadap peningkatan kemakmuan masjid. Penelitian ini menggunakan Teori manajemen yang dikemukakan oleh Malayu S.P. Hasibuan (2011) bahwa Pengorganisasian adalah suatu proses penentuan, pengelompokan dan pengaturan bermacam macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan, menempatkan orang pada setiap aktivitas ini, menyediakan alat yang diperlukan, menetapkan wewenang yang secara relatif didelegasikan kepada setiap individu yang akan melakukan aktivitas tersebut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan Kualitatif agar bisa dianalisis yang kemudian hasilnya akan dideskripsikan yaitu merincikan sesuatu secara luas dan mendalam tentang fungsi pengorganisasian pada Dewan Kemakmuran Masjid Baiturrahman Cikalongkulon Cianjur dalam meningkatkan kemakmuran masjid. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pengorganisasian yang dilakukan oleh Masjid Baiturrohman dilakukan melalui proses perumusan program yang memiliki tujuan setiap kegiatan yang dilaksanakan. Yang dilakukan setiap satu tahun sekali dari musyawarah pengurus. kemudian pengorganisasian Masjid Baiturrohman terbukti sangat terstruktur dan menempatkan orang orang sesuai kemampuan, dilihat dari struktur organisasi yang lengkap dan komunikatif dalam berinteraksi. Kemudian pelimpahan otoritas atau wewenang dan tanggung jawab menjadi upaya DKM memakmurkan masjid. Dalam temuan penelitian ini masjid menjadikan sebagai sebuah penyegaran baru dan terbukti dapat memberikan dampak yang cukup luas bagi beberapa segementasi jamaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Pengorganisasian; Kemakmuran; Masjid;
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Imam Solehudin
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:07
Last Modified: 13 Nov 2023 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81858

Actions (login required)

View Item View Item