Konseling Islami untuk mengatasi masalah kedisiplinan siswa : Penelitian pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 51 Bandung

Fajari, Hanif Pradhitya (2023) Konseling Islami untuk mengatasi masalah kedisiplinan siswa : Penelitian pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 51 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang berkaitan dengan tingkat disiplin siswa yang rendah. Siswa merupakan remaja dengan kondisi yang labil dan cenderung mengalami rendahnya kontrol diri, kesadaran diri, sehingga secara tidak langsung dapat menjerumuskan pada hal - hal yang tidak sesuai dengan norma – norma agama, adat istiadat maupun kaidah - kaidah berlaku dalam masyarakat. Hal tersebut menjadikan perlunya konseling islami pada siswa agar sikap dan perilakunya dapat lebih disiplin dan tidak keluar dari ajaran agama Islam. Salah satu upaya yang diberikan oleh pihak sekolah yaitu memberikan konseling islami untuk mengatasi masalah kedisiplinan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang program konseling islami, pelaksanaan konseling islami, dan hasil yang diperoleh dari konseling islami untuk mengatasi masalah kedisiplinan pada siswa di SMPN 51 Bandung. Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran bahwa konseling islami merupakan proses pemberian bantuan kepada siswa untuk membantu dalam mengatasi masalah kedisiplinan, menghasilkan perubahan menjadi lebih baik, dan mengembalikan fitrahnya sebagai manusia agar berkembang sesuai dengan tuntunan sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan As-Sunnah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif ini bertujuan untuk menggambarkan suatu program dengan sistematis berdasarkan fakta mengenai konseling islami untuk mengatasi masalah kedisiplinan siswa di SMPN 51 Bandung. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan layanan konseling islami di SMPN 51 Bandung, memiliki program konseling islami dengan menggunakan metode pembiasaan seperti pelaksanaan sholat dhuha dan hafalan surat. Materi yang disampaikan meliputi disiplin waktu, disiplin dalam menegakkan aturan, disiplin ibadah, dan disiplin sikap. Dengan layanan konseling islami, mampu meningkatkan kesadaran siswa untuk disiplin dalam lingkungan sekolah. Selain itu, juga dapat dilihat dari perkembangan sebelum dan setelah melakukan konseling islami. Hal tersebut juga ditunjukkan oleh hasil presentase yang cukup baik berdasarkan aspek dari disiplin yaitu disiplin waktu, disiplin dalam menegakkan aturan, disiplin ibadah, dan disiplin sikap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Islami; Kedisiplinan Siswa; Pembiasaan
Subjects: Islam Umum
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Hanif Pradhitya Fajari
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:40
Last Modified: 13 Nov 2023 02:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81875

Actions (login required)

View Item View Item