Gaya kepemimpinan ketua Lembaga Swadaya Masyarakat dalam meningkatkan kinerja pegawai : Studi deskriptif di Lembaga Swadaya Masyarakat Ummi Maktum Voice

Utami, Mega Olivia Dewi (2023) Gaya kepemimpinan ketua Lembaga Swadaya Masyarakat dalam meningkatkan kinerja pegawai : Studi deskriptif di Lembaga Swadaya Masyarakat Ummi Maktum Voice. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy

Abstract

Gaya kepemimpinan memiliki hubungan yang sangat erat dengan kinerja pegawai, karena semakin baik penerapan kepimpinan maka akan semakin optimal pula pencapaian kinerja pegawai. Hal ini berlaku untuk organisasi jenis apapun, termasuk bagi organisasi non-pemerintah (Non Governmental Organization) salah satunya yaitu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Ummi Maktum Voice yang berfokus dibidang sosial keagamaan dengan program utama pemberantasan buta huruf Al-Qur’an Braille bagi insan tunanetra muslim di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan Bapak Entang Kurniawan selaku Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Ummi Maktum Voice dalam meningkatkan kinerja pegawai melalui proses pengambilan keputusan, motivasi, dan pengendalian kerja yang diterapkan di LSM Ummi Maktum Voice sebagai indikator gaya kepemimpinan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Kartini Kartono yang mengemukakan bahwa terdapat enam indikator gaya kepemimpinan yang dapat mengukur kepemimpinan seseorang yaitu kemampuan pengambilan keputusan, kemampuan memotivasi, pengendalian pegawai, pengendalian emosional, komunikasi, dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan Ketua Lembaga Swadaya Masayarakat Ummi Maktum Voice dalam meningkatkan kinerja pegawai telah berjalan dengan baik. Berdasarkan tiga indikator gaya kepemimpinan berikut: 1) Proses pengambilan keputusan, Ketua LSM UMV dalam proses pengambilan keputusan melibatkan para pegawai dengan cara melakukan musyarawah. Menggunakan fakta, rasionalitas, dan wewenang sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Dalam proses pengambilan keputusan, hal-hal yang dilakukan adalah intelligence activity, desain activity, choice activity. 2) Motivasi, yang dilakukan Ketua LSM UMV adalah dengan memberikan pengarahan bermuatan keagamaan, memelihara interaksi sosial, melakukan kegiatan team building, mengapresiasi dalam bentuk reward. 3) Pengendalian, Ketua LSM menjalankan pengendalian feedforward yang dilakukan sebelum kegiatan berlangsung, pengendalian concurrent yang dilakukan selama kegiatan berlangsung dan pengendalian feedback yang dilakukan setelah kegiatan berlangsung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan; lembaga swadaya masyarakat; kinerja pegawai
Subjects: Social Process > Leadership
Customs of People > Organization and Management
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Mega Olivia Dewi Utami
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:25
Last Modified: 15 Nov 2023 07:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81879

Actions (login required)

View Item View Item