Pengaruh bimbingan sholat Hifzil Quran terhadap penurunan kecemasan santri menghadapi Ujian Tahfiz : Penelitian di Pondok Pesantren Tahfiz Nurul Huda Jl. Pesantren No. 23 Cibolang Kidul - Sukabumi

Muslimah, Shifa (2023) Pengaruh bimbingan sholat Hifzil Quran terhadap penurunan kecemasan santri menghadapi Ujian Tahfiz : Penelitian di Pondok Pesantren Tahfiz Nurul Huda Jl. Pesantren No. 23 Cibolang Kidul - Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER Shifa.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Bimbingan sholat hifzil quran merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh pimpinan pondok pesantren kepada santri PPTQ Nurul Huda. Sholat hifzil quran adalah sholat Sunnah yang dilakukan khusus oleh para penghafal Al-Quran pada malam jumat. Sholat hifzil quran dilakukan secara rutin sebagai amaliyah yang dilakukan secara berjamaah yang bertujuan agar dapat dimudahkan dan dikuatkan dalam menghafal Al-Quran serta sebagai strategi yang dilakukan pimpinan pondok dalam mengatasi kecemasan santri pada saat menghadapi ujian tahfiz. Sholat hifzil quran terdiri dari empat rakaat dan pada setiap rakaatnya membacakan surat-surat tertentu seperti pada rakaat pertama setelah Al-Fatihah membaca surat Yasin rakaat kedua membaca surat Ad-Dukhon rakaat ketiga membaca surat As-Sajadah dan rakaat keempat membaca surat Al-Mulk. Sholat hifzil quran di PPTQ Nurul Huda dilakukan dengan dua kali salam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bimbingan sholat hifzil quran di PPTQ Nurul Huda serta seberapa besar pengaruh dari bimbingan sholat hifzil quran terhadap kecemasan santri pada saat menghadapi ujian tahfiz yang dilaksanakan dua kali dalam setahun yaitu pada saat pergantian semester. Penelitian ini bertolak ukur pada teori perilaku atau teori belajar yang dikemukakan oleh Gail W. Stuart bahwa kecemasan merupakan hasil dari frustasi seta pola piker yang salah, karena menganggap berlebihan terhadap bahaya dan meremehkan kemampuan dirinya sendiri. Sama halnya dengan kecemasan yang dialami oleh para santri pada saat menghadapi ujian tahfiz santri berpikir bahwa ujian tahfiz merupakan sesuatu yang sulit dan menakutkan sehingga mereka larut dalam pikiran negatif tersebut yang menimbulkan kecemasan dan tanpa mereka sadari bahwa dirinya mempunyai kemampuan untuk dapat menghadapi ujian tahfiz yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dimana data yang dihasilkan berbentuk angka. Dan menggunakan metode regresi linear sederhana menggunakan SPSS (Statistical Package for Sosial Science), dimana pada analisis regres linier sederhana akan diuji pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya, yakni pada penelitian ini menguji pengaruh bimbingan sholat hifzil quran terhadap penurunan kecemasan santri menghadapi ujian tahfiz di PPTQ Nurul Huda. Berdasarkan hasil penelitian, data menunjukkan bahwa hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,341 atau 34,1%. Dan pada hasil uji analisis regresi mengalami peningkatan 1% maka disimulkn bahwa bimbingan sholat hifzil quran memberikan pengaruh terhadap penurunan kecemasan santri menghadapi ujian tahfiz di Pondok Pesantren Tahfiz Nurul Huda Sukabumi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Sholat Hifzil Quran; Penurunan Kecemasan Santri
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Shifa Muslimah
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:39
Last Modified: 13 Nov 2023 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81885

Actions (login required)

View Item View Item