Upaya Pusat Koperasi Pengecer dan Perkulakan (PUSKOPPAN) pesantren dalam menerapkan strategi pemasaran produk mie instan merek sahabat

Abdillah, Iqbal (2001) Upaya Pusat Koperasi Pengecer dan Perkulakan (PUSKOPPAN) pesantren dalam menerapkan strategi pemasaran produk mie instan merek sahabat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)

Abstract

Pada abad modem ini orientasi pada penjualan tidak dapat membenkan jawaban atau pemecahan secara keseluruhan terhadap usaha-usaha untuk mencapai profit dalam kemajuan teknologi yang sangat cepat, persaingan yang demikian tajam, serta keinginan-keinginan konsumen yang sulit diduga. Oleh karena itu pemsahaan hams beralih dari orientasi penjualan ke orientasi pemasaran. Langkah yang dilakukan oleh Pusat Koperasi Pengecer dan Perkulakan (Puskoppan) Pesantren dalam menghadapi permasalahan tersebut adalah dengan mengupayakan penerapan strategi pemasaran dengan tidata melepaskan aturan-aturan syara'. v Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi Pusat Koperasi Pengecer dan Perkulakan (Puskoppan) Pesantren dalam memasarkan produk mie instan merek Sahabat, faktor pendorong dan penghambat dalam merealisasikannya, dan tinjauan fiqih muamalah terhadap strategi pemasaran yang dilakukan. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa di dalam melakukan usaha, Islam selalu menanainkan nilai-nilai al-Quran. Dengan berlandaskan pada petunjuk al-Quran, akan diperoleh suatu perangkat norma yang sesuai dan dapat dijadikan sebagai norma bagi kegiatan usaha yang dilakukan. Nilai-nilai ini merupakan tujuan daii keinginan manusia dalam seiuruh aktivitas kehidupannya, baik secara individu maupun kolektif. Sa'.ah satu nilai tersebut adalah prinsip saling menguntungkan dan tidak inerugikan orang lain yang selalu dikedepankan dalam praktek btsms Islam. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif untuk memecahkan masalah yang diteliti dengan menggambarkan keadaan obyek penelitian. Analisis dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dimana data yang berhasii dikumpulkan selanjutnya diklasifikasikan sesuai dengan tujuan penelitian. Data yang ditemukan menunjukkan bahwa di dalam menerapkan strategi pemasarannya, Pusat Koperasi Pengecer dan Perkulakan (Puskoppan) Pesantren menggunakan alat strategi bauran pemasaran melaiui empat unsur dari alat ini yang dikenal dengan empat P (four Ps), yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan Tempat atau saluran distribusi (place). Dengan menggunakan strategi bauran pemasaran, maka tujuan dari pemasaran dalam mencapai profit (keuntungan) dapat tercapai melaiui sumber daya yang dimiliki. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi bauran pemasaran, perusahaan akan survive dan selalu dapat mengetahui keinginan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Berkaitan dengan hal tersebut, al-Quran menegaskan bahwa di dalam melakukan pemasaran, perusahaan tidak hanya meningkatkan perolehan keuntungan saja, tetapi juga memperhatikan norma-norma moral dan hukum Islam untuk mencapai keridhaari Allah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Koperasi; Pesantren; Strategi Pemasaran
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 10 Nov 2023 02:47
Last Modified: 22 Nov 2023 01:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81892

Actions (login required)

View Item View Item