perlindungan terhadap pekerja wanita pada Pt.Adetex menurut undang-undang no. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan di Indonesia (kasus di Pt. Adetex kab Bandung)

Diki, Iyan cahriyan (2003) perlindungan terhadap pekerja wanita pada Pt.Adetex menurut undang-undang no. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan di Indonesia (kasus di Pt. Adetex kab Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)

Abstract

Dalam proses pembangunan dewasa in kehadiran pekerja wanita sangat menonjol dan besar pengaruhnya. Namun kehadiran mereka ini tidak disertai dengan sumber daya manusia dan hukum yang memadai sehingga kepada pekerja wanita masih terjadi diskriminasi dalam beberapa hal misalnya dalam pengupahan, penempatan kerja dan bahkan pelecehan seksual. Permasalahan yang akan dihadapi dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan perlindungan bagi pekerja wanita pada PT. ADETEX, kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan peraturan tentang perlindungan para pekerja wanita. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif analisis dengan pendekatan yuridis norinatif yang didukung pendekatan yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan studi kepustakaan guna memperoleh data sekunder dan sebagai pendukung data sekunder dilakukan juga studi lapangan untuk memperoleh data primer dan kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kcsimpuian bahwa pcngaturan tentang perlindungan kepada pekerja wanita sudah relatif banyak, tetapi pengaturannya belum dapat memenuhi aspirasi sosial di masyarakat, selain itu masih ada pasal-pasal dari ketentuan perlindugan wanita itu yang belum dilaksanakan sama sekali walaupun telah dibentuk Undang-undang yang baru,yaitu UU No 13 Tahun 2003. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis merekomendasikan : Perlu dilakukan penegasan kembali khususnya perlindungan terhadap tenaga kerja wanita demi memberikan perlindungan yang maksimal kepada wanita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perlindungan terhadap pekerja wanita, tentang ketenagakerjaan di Indonesia
Subjects: Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: ADMIN PKL
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:25
Last Modified: 09 Nov 2023 02:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81895

Actions (login required)

View Item View Item