pelaksanan pasal 7 undang-undang nomor 56 (Prp) tahun 1960 (studi kasus praktik gadai tanah di desa cintamanik kecamatan Karang Tengah Kabupaten Garut)

Rohendi, Dadang (2003) pelaksanan pasal 7 undang-undang nomor 56 (Prp) tahun 1960 (studi kasus praktik gadai tanah di desa cintamanik kecamatan Karang Tengah Kabupaten Garut). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)

Abstract

Untuk menjamin kepastian hukum dalam pelaksanaan Landreform. Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan Undang-Undang Nomor 56 (Prp) tahun 1960. Pasal 7 Undang-undang tersebut mengatur tbntang gadai tanah dimana dalam hukum adat disebut dengan jual gade. Sampai searang praktik gadai tanah masih banyak dilakukan masyarakan misalnya di desa Cintamanik kecamatan Karang Tengah Kabupaten Garut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang sistem gadai tanah di Desa Cintamanik, untuk mengetahui pelaksanaan pasa 7 Undang-undang Nomor 56 (Prp) tahun 1960 di desa Cintamanik dan untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan pasal tersebut Penelitian ini bertolak dari kajian bahwa segaia sesuatu harus mendapat pengaturan yang tegas dan jelas dalam peraturan perundang-undangan dan itu harus dilaksanakan oieh setiap komponen bangsa sebagai satu kesatuan dari sistem hukum. Secara umum penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif analisis, yaitu suatu metode yang dapat digunakan untuk meneliti permasalahan yang sedang terjadi atau kejadian aktual.Teknik pengumpulan data dilakuakn dengan cara observasi, wawancara, dan studi kepustakaan (dokumen), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yuridxs. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: i) Pelaksanaan gadai tanah di desa Cintamanik ada dua sistem yaitu sistem gadai biasa dan sistem gadai darat ;2). Pasal 7 Undang_undang Nomor 56 (Prp) tahun 1960 belum dapat dilaksanakan dalam praktik gadai ranah di desa cintamanik; 3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pasa 7 undang-undang Nomor 56 (Prp) tahun 1960 adalah berkaitan dengan peraturan-perundang-undangan yang mengatur. Seperti tidak adanya ketegasan yang diikuti dengan tindak lanjut berkenaan dengan penetapan hak gadai sebagai hak semenLara, kurangnya sosialisasi yang dilakukan pemerintah mengenai undang-undang tersebut, rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat yang beroengaruh pada tingkat kesadaran masyarakat terhadap aturan hukum, dan tidak adanya keseriusan pemerintah dalam melaksanakan landreform dimana salah satu tujuannya adalah menghapuskan praktik feodalisme, pemerasan,dan penghisapan dalam pertanahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pelaksanan pasal 7 undang-undang nomor 56, studi kasus praktik gadai tanah
Subjects: Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:07
Last Modified: 09 Nov 2023 07:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81908

Actions (login required)

View Item View Item