Bimbingan keagamaan melalui teknik Focus Group Discussion untuk meningkatkan minat belajar siswa : Penelitian di SMA Al-Qona’ah Baleendah Jl. Giriharja No.41, RT.04 RW.01, Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung

Akmalia, Agnia Syifa (2023) Bimbingan keagamaan melalui teknik Focus Group Discussion untuk meningkatkan minat belajar siswa : Penelitian di SMA Al-Qona’ah Baleendah Jl. Giriharja No.41, RT.04 RW.01, Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena minat belajar yang rendah pada siswa SMA Al-Qona’ah Baleendah. Upaya yang dilakukan oleh guru BK terhadap siswa yang memiliki minat belajar rendah ialah dengan dilakukannya bimbingan keagamaan melalui teknik focus group discussion. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi minat belajar siswa, mengetahui proses dan penerapan bimbingan keagamaan melalui teknik focus group discussion untuk meningkatkan minat belajar siswa, serta mengetahui hasil dari bimbingan keagamaan melalui teknik focus group discussion untuk meningkatkan minat belajar siswa. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori bimbingan keagamaan, teknik focus group discussion, dan minat belajar. Bimbingan keagamaan ialah suatu proses pemberian bantuan agar individu dapat mengembangkan potensi dan mampu menyelesaikan masalahnya sesuai dengan tuntunan yang berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadits sehingga mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Teknik focus group discussion adalah suatu cara untuk mengumpulkan individu yang memiliki latar belakang atau pengalaman yang sama guna membahas suatu topik yang spesifik dan menarik. Sedangkan minat belajar ialah adanya ketertarikan individu terhadap proses belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif pendekatan kualitatif karena peneliti berusaha menggambarkan dan meneliti sedalam-dalamnya mengenai fenomena yang terjadi secara alami dan apa adanya serta berfokus pada subjek. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi langsung non-partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan keagamaan melalui teknik focus group discussion mendapatkan hasil yang baik dalam meningkatkan minat belajar siswa terlihat dari respon dan tanggapan positif siswa akan hal itu. Respon positif yang diberikan siswa adalah perubahan-perubahan perilaku seperti lebih rajin belajar, lebih fokus dalam belajar, tidak menunda-nunda tugas, tidak membolos, lebih bersosialisasi dengan teman lain dan para siswa menjadi pribadi yang lebih optimis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Teknik Focus Group Discussion; Minat Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Agnia Syifa Akmalia
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:19
Last Modified: 13 Nov 2023 02:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81912

Actions (login required)

View Item View Item