Mitigasi banjir untuk tercapainya sanitasi lingkungan : Studi deskriptif di Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Ridwan, Hamdi Assiddiqi (2023) Mitigasi banjir untuk tercapainya sanitasi lingkungan : Studi deskriptif di Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Banjir merupakan salah satu dari sekian fenomena bencana alam yang sering terjadi di kawasan desa Cibiru Hilir. Penyebab utamanya yaitu kondisi topografi desa Cibiru Hilir yang berada di wilayah rawan banjir. Banjir memiliki dampak yang signifikan terhadap beberapa sektor yang ada di desa Cibiru Hilir termasuk akses air bersih, ruas jalan, dan pemukiman penduduk. Tentunya hal tersebut mencemari sanitasi lingkungan yang ada. Banjir yang ada juga mempengaruhi keberlangsungan ekonomi masyarakat dan mempengaruhi kondisi sosial di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana langkah dari pemerintah desa Cibiru Hilir dalam menangani permasalahan banjir yang ada di desa Cibiru Hilir yang telah ada sejak lama untuk mencapai Sanitasi Lingkungan dengan melakukan kajian yang mendalam terhadap program-program berbasis mitigasi banjir yang ada di desa Cibiru Hilir. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori kebijakan publik yang dikemukakan oleh Tangkilisian (2003;2). menjelaskan bahwa kebijakan publik merujuk pada serangkaian langkah yang diambil oleh pemerintah untuk mengatasi berbagai isu yang dihadapi oleh masyarakat. Ini dapat mencakup tindakan langsung atau melibatkan berbagai institusi yang memengaruhi kehidupan masyarakat. Maka dari itu, kebijakan publik melibatkan upaya pemerintah dalam menanggapi tantangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum. Penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah desa Cibiru Hilir dalam menangani permasalahan banjir yang ada dengan mengadakan beberapa program memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat dan permasalahan banjir yang ada. Secara keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa langkah yang telah diambil oleh pemerintah desa Cibiru Hilir dalam menangani permasalahan banjir melalui basis mitigasi untuk mencapai sanitasi lingkungan yang baik berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat yang tanggap bencana dan berdaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Banjir; Kebijakan Publik; Sanitasi Lingkungan;
Subjects: Education, Research
Public Policy Issues in Education > Public Policy Education in Specific Localities
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: hamdi assiddiqi Ridwan
Date Deposited: 10 Nov 2023 01:10
Last Modified: 10 Nov 2023 01:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81934

Actions (login required)

View Item View Item