Aplikasi pestisida nabati ekstrak daun kitolod (Isotoma Longiflora) untuk mengendalikan hama Ulat Grayak (Spodoptera Litura) pada tanaman bayam Jepang (Spinacia Oleracea)

Farih, M. Miftah (2023) Aplikasi pestisida nabati ekstrak daun kitolod (Isotoma Longiflora) untuk mengendalikan hama Ulat Grayak (Spodoptera Litura) pada tanaman bayam Jepang (Spinacia Oleracea). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy

Abstract

Ulat grayak (Spodoptera litura) adalah hama yang menyerang komoditas pertanian. Ulat grayak menyerang bagian daun tanaman bayam Jepang dan merusak kualitas tanaman tersebut. Solusi untuk mengendalikan serangan hama ulat grayak pada tanaman bayam Jepang adalah dengan memanfaatkan bahan alami. Daun kitolod (Isotoma longiflora) sebagai bahan baku pestisida nabati dengan kandungannya berupa flavonoid, alkaloid, tanin, polifenol dan saponin yang bersifat racun pada ulat grayak. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh aplikasi dan konsentrasi yang paling efektif dari ekstrak daun kitolod (Isotoma longiflora) terhadap populasi dan intensitas serangan hama ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman bayam Jepang. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Juli 2023 di Kp. Loscimaung, RT. 04, RW. 18, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan berupa Rancangan Acak Lengkap (RAL) dalam uji in vitro dan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dalam uji in vivo. Pengujian in vitro dan in vivo pada penelitian ini dilakukan 6 perlakuan dan 4 ulangan. Konsentrasi perlakuan pada pengujian in vitro dan in vivo meliputi: B0 = Kontrol, B1 = 10.000 ppm, B2 = 20.000 ppm, B3 = 30.000 ppm, B4 = 40.000 ppm, dan B5 = 50.000 ppm. Hasil penelitian pada uji pendahuluan (in vitro) menunjukan bahwa ekstrak daun kitolod berpengaruh terhadap mortalias dan bobot pakan Spodoptera litura. Sedangkan pada uji lapangan (in vivo) menunjukan bahwa ekstrak daun kitolod berpengaruh terhadap mortalitas, intensitas serangan, jumlah daun dan indeks panen. Ekstrak daun kitolod dengan konsentrasi 50.000 ppm merupakan perlakuan yang efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Daun kitolod; Spodoptera litura; Bayam Jepang
Subjects: Ecology > Agricultural Ecology
Animals, Zoology, Wildlifes
Animals, Zoology, Wildlifes > Dictionaries and Encyclopedia of Zoology
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: M Miftah Farih
Date Deposited: 10 Nov 2023 01:15
Last Modified: 10 Nov 2023 01:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81938

Actions (login required)

View Item View Item