Program keluarga berencana untuk menciptakan keluarga sejahtera: Penelitian di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung

Wahdiyani, Nining (2001) Program keluarga berencana untuk menciptakan keluarga sejahtera: Penelitian di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)

Abstract

Mengacu pada judul cii alas, penelitian ini bertolak dan permasalahan dari adanya kontradiktif antara tingginya prestasi warga masyarakat yang nienjadi akseptor ICB dan progararn penyluh hidup sehat keluarga oleh penyuluh KB dengan kenyataan relatif masih rendahnya tingkat higienitas dan sanitasi kesehatan hidup keluarga us Desa Cibeureum yang dibuktikan dengan adanya kcmatian balita yang masih tinggi dan perilaku tidak schat, tidak schat lainnya. Karena ilu dcngan membatasi kcnyataan warga rnasuarakat di Dcsa Cibeureum, penelitian ini penulis maksudkan untuk mengungkap fenomena tentang mcneiptakar kcluarga sejahtara dikalangan mereka, faktor pendukung dan penghambat yang dialaminya, serta rumusan dalatn perspektif hukum Islam terhadap pelaksanaan keluarga sejahtera ui Dcsa Cibcureum. Pcrmasalahan di atas diangkal berdasarkan asumsi tcoritik yang menyatakan bahwa dalam pelaksanaan untuk menciptakan keluarga sejahtera diperlukan sejumlah informasi dan perilaku konkrit yang mengarah kepada pcncapaian tujuan tersebut yang direalisasikan melalui keikut sertaan warga masyarakat dalam bei-KB dan kepedulian dalam membuat lingkungan kcluarganya secara sehat. Karena itu logis apabila dipahami bahwa pola hidup dikalangan masyarakat akan sangat tergantung kepada sejauh mana pemberian informasi dan perilaku konkrit ersebut dilaksanakan, schingga benar-benar mampu mewujudkan kcluarga sejahteranya masing-masing.Secara urnum berlangsung penelitian ini didasarkan alas penggunaan metode deskriftif, karena metode ini dianggap mampu untuk menggali, mengungkapkan dan menganalisis fenomena yang terjadi dilapangan. Sumber datanya didasarkan pada sumber primer dan sekunder. Sedang teknik pengumpulan datanya diiempuh melalui obervasi, wawancara, study dokumentasi dan study kepustakaan. Adapun analisis datanya menggunakan pendataan kualilatif.Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh suatu kesimpulan bahwa prosees kcluarga sejahtera di Dcsa Cibcureum diawali dcngan keikut sertaan masyarakat(terulama kauin wanilanya) untuk menjadi akseptor KB dan dilanjulkan dengan pemberian sejumlah informasi mengenai keluarga sejahtera. Dalam proses pelaksanaannya, penulis menemukan adanya sejumlah faktor pendukung dan penghambat, seperti keteladanan aparat penyuluh KB, tingginya animo masyarakat untuk bcr-KB (pendukung) serta kondisi alam sekitar, rcndahnya pendidikan masyarakat (penghambat). Dalam sudut pandang hukum Islam, untuk menciptakan keluarga sejahtera dipandang sebagai suatu kemashlahatan (mashlahah) sehingga tcrciptanya keluarga-keluarga yang mcmiliki pola hidup secara schat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: program keluarga berencana,Penelitian di Desa Cibeureum
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 10 Nov 2023 08:00
Last Modified: 09 Jan 2024 05:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81987

Actions (login required)

View Item View Item