Pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi terpadu dengan penggunaan dana zakat di Baitulmaal Muamalat Bandung : Penelitian dilakukan di Baitulmaal Muamalat Bandung Jl. Buah Batu No. 276A 40265

Gunawan, Hendra (2004) Pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi terpadu dengan penggunaan dana zakat di Baitulmaal Muamalat Bandung : Penelitian dilakukan di Baitulmaal Muamalat Bandung Jl. Buah Batu No. 276A 40265. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_over.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)

Abstract

Pembardayaan ekonomi terpadu dengan pengunaan dana zakat tidaklah bermasalah bahkan menipakan suatu kebaikan , namun program ini akan menjadi masalah apabila tiuak diterangkan secarah jelas dikamakan zakat menipakan salah satu ibadah yang telah diatur sedimikian rupa oleh syariat Islam baik dalam hal jumlah, waktu dan kadamya bahkan dalam cara pembagian. Dan program pemberdayaan model ini masih baru sehingga status hukum dan tata cara pelaksanaannya belum baku sehingga perlu dikaji lebih dalam langi sehingga tidak timbul kesalah paliaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetaliui : (1) Bagaimana Proses penyaluran dana zakat dalam bentuk pinjaman modal usaha di Baitulmaal Muamalat Bandung. (2) Bagaimana Tinjauan fiqli Muamalah terhadap penyaluran dana zakat dalam Bentuk pinjaman modal usaha Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hukum Islam mempunyai sipat elastis dan fleksibel sehingga dapat memberikan jawaban terhadap masalah-masalah yang akan timbul pada saat sekarang ini dan juga pada masa yang akan datang. Dan sesuai dengan tujuan yaitu menciptakan kemaslahatan dan menghilangkan kemafsadatan serta menghilangkan kesulitan dan menimbulkan kemudahan bagi seluruh umat manusia. Penelitian ini mengunakan metode deskriptip analisis karena kasus yang penulis angkat benar-benar terjadi dimasyarakat. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah dengan cara wawancara, observasi dan study kepustakaan. Adapun analisis yang digunakan adalah merujuk kepada hasil wawancara penulis dengan ketua dan staf penadayagunaan zakat di Baitulmaal Muamalat Bandung, ditambah dengan merujuk kepada buku-buku yang ada kaitannya dengan zakat. Berdasarkan hasil penelitian mekanisme pendayagunaan zakat dengan program pemberdayaan ekonomi terpadu yaitu dengan memberikan binaan kepada para mustahik dalam usahanya dalam bentuk pemeberian dan pinjaman modal, dalam program ini Baitulmaal muamlat mengunakan tiga cara yaitu al-qardulhasan, mudharabah,dan santunan, namun yang berjalan sekarang ini dengan mengunkan model al-qardulhasan dimana para mustahik hanya dibebankan uang pokoknya saja namun apabila mustahik tidak sanggup mernbayai tidak ada paksaan dalam pengembaliaan dana, selain itu model santunan dalam pemberian zakat dalam bentuk modal usaha yang banyak dilakukan dalam pendayagunaan zakat. Berdasarakan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi terpadu dengan pengunan dana zakat dengan memaki prinsip manfaat dan produktif boleh dilakuakn atas dasar Mshalih Mursalah yaitu pertimbnagn kepentingan masyarakat dan atas dasar istlisan yaitu mengambil ketetapan yang dipandang lebih baik sesuai dengan tujuan islam, dengan jalan meninggalkan dalil khusus untuk mengamalkan dalil umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program pemberdayaan ekonomi terpadu; Dana zakat di Baitulmaal Muamalat
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:32
Last Modified: 13 Nov 2023 02:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81994

Actions (login required)

View Item View Item