Layanan Bimbingan Konseling Islami melalui metode Mauidzah Hasanah untuk meningkatkan Akhlakul Karimah peserta didik Broken Home : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 51 Bandung kelas VIII tahun ajaran 2023-2024

Rahmah, Laeni (2023) Layanan Bimbingan Konseling Islami melalui metode Mauidzah Hasanah untuk meningkatkan Akhlakul Karimah peserta didik Broken Home : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 51 Bandung kelas VIII tahun ajaran 2023-2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB 1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena maraknya perilaku menyimpang pada peserta didik Broken Home. Sebagian besar siswa broken home dilatar belakangi oleh perceraian. Hal tersebut berdampak kepada perilaku siswa sehingga memiliki akhlak yang kurang baik. Perilaku negatife yang muncul yaitu sering melanggar peraturan sekolah, motivasi belajar menurun, hilang konsentrasi belajar, tidak bisa mengontrol emosi, menghindari komunikasi dengan orang tua, berkelahi dengan teman dan berpacaran. Hal tersebut menyimpang dari syariat islam sehingga dapat dikatakan siswa tersebut memiliki akhlak yang kurang baik dan perlu diberikan suatu layanan bimbingan dan konseling islami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan : (1) Akhlak peserta didik Broken Home di SMP Negeri 51 Bandung; (2) proses layanan bimbingan konseling islami melalui metode Mauidzah Hasanah untuk meningkatkan Akhlakul Karimah peserta didik Broken Home; (3) hasil layanan bimbingan konseling Islami melalui metode Mauidzah Hasanah untuk meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Broken Home. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena dalam penelitian ini berupaya menjelaskan secara alami mengenai situasi tempat penelitian sehingga apa yang diperoleh melalui pemgumpulan ini akan dideskripsikan secara apa adanya yang terjadi di lokasi penelitian. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini didasari oleh teori (Saefullah C, 2018 : 23) yang menyatakan bahwa metode Mauidzah Hasanah adalah pendekatan yang menyegerakan jalan keluar (solusi)standard minimal dasar bagi yang mempunyai masalah krusial keimanan, akhlak, dan pendidikan, dibarengi dengan pendekatan psikologis (psychological approach). Hasil penelitian menunjukan bahwa proses layanan bimbingan konseling islami melalui metode mauidzah hasanah untuk meningkatkan akhlakul karimah peserta didik broken home berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dari adanya perubahan tersebut yaitu (1) Tidak melanggar peraturan sekolah, dari yang asalnya melakukan pelanggaran sekarang mulai tidak mengulangi lagi, (2) bertambah pemahaman dan ilmu, dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. (3) Dapat mengontrol emosi (4) Bersikap jujur dan terbuka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islami; Mauidzah Hasanah; akhlak karimah; broken home;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Laeni Rahmah
Date Deposited: 13 Nov 2023 00:49
Last Modified: 13 Nov 2023 00:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82017

Actions (login required)

View Item View Item