Aplikasi pestisida nabati ekstrak ajeran (Bidens pilosa) untuk pengendalian hama ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman bayam merah (Amaranthus tricolor)

Asrulohudin, Viki (2023) Aplikasi pestisida nabati ekstrak ajeran (Bidens pilosa) untuk pengendalian hama ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman bayam merah (Amaranthus tricolor). Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
3_daftarisi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy

Abstract

Bayam merah (Amaranthus tricolor) merupakan salah satu tanaman komoditas hortikultura yang mengalami pertumbuhan pesat di Indonesia. Namun, dalam proses budidayanya masih terkendala oleh serangan hama ulat grayak (Spodoptera litura). Salah satu cara untuk mengendalikan hama ulat grayak adalah dengan menggunakan bahan alami dari tumbuhan Ajeran (Bidens pilosa) yang dapat digunakan sebagai pestisida nabati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas ekstrak ajeran dan mengetahui konsentrasi yang paling efektif dalam mengendalikan hama ulat grayak pada tanaman bayam merah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Agustus 2023 di Kampung Loscimaung, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung dan di Laboratoriun Solahuddin Sanusi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) pada uji pendahuluan dan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pada uji utama dengan 5 taraf perlakuan dan 5 kali ulangan. 5 taraf perlakuan tersebut sebagai berikut : P0 = Kontrol (akuades), P1 = Ekstrak ajeran 10.000 ppm, P2 = Ekstrak ajeran 30.000 ppm, P3 = Ekstrak ajeran 45.000 ppm dan P4 = Ekstrak ajeran 60.000 ppm. Hasil penelitian ini menunjukan aplikasi pestisida nabati ekstrak ajeran mampu mengendalikan serangan ulat grayak dengan nilai mortalitas 85,33% – 100% dan nilai intensitas serangan 16,52 – 26,6% serta perlakuan P1 dengan konsentrasi 15.000 ppm ekstrak ajeran merupakan perlakuan yang paling efektif dalam mengendalikan serangan ulat grayak dengan nilai mortalitas 85,33%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ajeran;Bayam merah;Ulat grayak
Subjects: Farm, Farming
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Viki Asrulohudin
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:25
Last Modified: 13 Nov 2023 03:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82022

Actions (login required)

View Item View Item