Utari, Nabila Dwi (2023) Penerapan Accelerated Learning Included by Discovery berbantuan aplikasi Symbolab untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan resiliensi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (388kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil studi pendahuluan yang menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning Included by Discovery (ALID) berbantuan Symbolab, perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kategori Pengetahuan Awal Matematika (PAM) dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah, serta resiliensi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran ALID berbantuan Symbolab. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan melibatkan populasi kelas X di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung tahun ajaran 2023/2024, dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak dua kelas. Data diperoleh dari instrumen tes berupa tes PAM dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, serta instrumen non tes berupa lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika dengan model pembelajaran ALID berbantuan Symbolab termasuk dalam kategori baik sekali, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran ALID berbantuan Symbolab dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis pada semua pasangan kategori PAM, dan resiliensi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran ALID berbantuan Symbolab menunjukkan sikap yang positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematis; Accelerated Learning Included by Discovery (ALID); aplikasi Symbolab; resiliensi matematis |
Subjects: | Education > Statistic of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Mathematics > Research Methods of Mathematics Applied mathematics > Statistical Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nabila Dwi Utari |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 01:05 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 01:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82055 |
Actions (login required)
View Item |