Rusdaini, Nadia (2023) Efektivitas penerapan teori Bruner terhadap peningkatan kemampuan operasi hitung bilangan cacah bagi siswa Autis fase F. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
Abstract
Setiap warga berhak mendapatkan pendidikan menurut konstitusi. Hal ini berlaku juga bagi para siswa autis, mereka berhak mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang sama baiknya dengan siswa lainnya. Dengan jumlah angka yang bertambah disetiap tahunnya, hal ini harus sejalan dengan kualitas pendidikan yang mereka peroleh. Kemampuan dasar bermatematika seperti operasi hitung bilangan cacah sangat aplikatif pada kehidupan sehari-hari, dimana dengan menguasai materi ini banyak hal yang bisa siswa autis kerjakan dengan lebih mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivitasan teori Bruner terhadap peningkatan kemampuan operasi hitung bilangan cacah bagi 5 siswa autis fase F di SLB Bunda Bening Selakshahati. Penelitian ini menggunakan penggabungan mixed methods. Pada metode kualitatif digunakan metode deskriptif analitik dan pada metode kuantitatif digunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai kefektivitasan yang sangat besar. Dengan rerata n-gain yang menunjukkan siswa mengalami peningkatan prestasi yang besar. Ini menunjukkan adanya peningkatan yang nyata dalam peningkatan kemampuan operasi hitung bilangan cacah. Penggunaan teori Bruner sebagai pendekatan konstruktivisme yang diadaptasi untuk pengajaran operasi hitung bilangan cacah kepada siswa autis fase F memberikan efek yang sangat baik pada peningkatan kemampuan siswa autis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Autisme; Kemampuan Operasi Hitung; Teori Bruner. |
Subjects: | Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics Gynecology and Obstetric > Autism Pediatrics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nadia Rusdaini |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 00:40 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 00:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82068 |
Actions (login required)
View Item |