Efektivitas penerapan teori Bruner terhadap peningkatan kemampuan operasi hitung bilangan cacah bagi siswa Autis fase F

Rusdaini, Nadia (2023) Efektivitas penerapan teori Bruner terhadap peningkatan kemampuan operasi hitung bilangan cacah bagi siswa Autis fase F. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Setiap warga berhak mendapatkan pendidikan menurut konstitusi. Hal ini berlaku juga bagi para siswa autis, mereka berhak mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang sama baiknya dengan siswa lainnya. Dengan jumlah angka yang bertambah disetiap tahunnya, hal ini harus sejalan dengan kualitas pendidikan yang mereka peroleh. Kemampuan dasar bermatematika seperti operasi hitung bilangan cacah sangat aplikatif pada kehidupan sehari-hari, dimana dengan menguasai materi ini banyak hal yang bisa siswa autis kerjakan dengan lebih mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivitasan teori Bruner terhadap peningkatan kemampuan operasi hitung bilangan cacah bagi 5 siswa autis fase F di SLB Bunda Bening Selakshahati. Penelitian ini menggunakan penggabungan mixed methods. Pada metode kualitatif digunakan metode deskriptif analitik dan pada metode kuantitatif digunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai kefektivitasan yang sangat besar. Dengan rerata n-gain yang menunjukkan siswa mengalami peningkatan prestasi yang besar. Ini menunjukkan adanya peningkatan yang nyata dalam peningkatan kemampuan operasi hitung bilangan cacah. Penggunaan teori Bruner sebagai pendekatan konstruktivisme yang diadaptasi untuk pengajaran operasi hitung bilangan cacah kepada siswa autis fase F memberikan efek yang sangat baik pada peningkatan kemampuan siswa autis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Autisme; Kemampuan Operasi Hitung; Teori Bruner.
Subjects: Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Gynecology and Obstetric > Autism Pediatrics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nadia Rusdaini
Date Deposited: 14 Nov 2023 00:40
Last Modified: 14 Nov 2023 00:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82068

Actions (login required)

View Item View Item