usaha koperasi mitra usaha mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan anggota di Desa Segarajaya Kec, Tarumajaya Kab. Bekasi

Rudi, Rudi (2005) usaha koperasi mitra usaha mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan anggota di Desa Segarajaya Kec, Tarumajaya Kab. Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)

Abstract

Koperasi merupakan saluh satu badan usha yang melakukan perserikatan, baik dalam modal maupun kerja. Sistem perekonomian semacam ini di dalam Islam disebut Syirkah Ta'cnvuniyah. Koperasi dibina mampu melayani kebutuhan anggotanya dan bekerja atas dasar perikemanusiaan bagi kesejahteraan anggotanya. Koperasi Mitra Usaha Mandiri didirikan untuk membantu kesejahteiaan anggotanya dalam bentuk usaha simpan pinjam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Koperasi Mitra Usaha Mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan anggota di Desa Segarajaya Kec.Tarumajaya, indikator yang menunjukkan keberhasilan Koperasi Mitra Usaha Mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dalam bentuk (pangan, sandang, dan papan), serta bagaimana analisis fiqih muamalah terhadap kinerja koperasi Penelitian ini bertolak dari sebuah konsep bahwa koperasi merupakan suatu bentuk kerjasama yang bertujuan unuk meningkatkan tarap hidup dan kesejahteraan anggota, dan untuk mencapai tujuan tersebut dengan menggunakan manajemen secara efektip dan professional tanpa mengesampingkan faktor-faktor yang menjadi penghambat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif serta menggunakan teknik observasi, interview, dan studi kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya yang dilakukan Koperasi Mitra Usaha Mandiri dalam mensejahterakan anggota, ialah dengan cara mengoptimalkan seluruh potensi, pasilitas atau kekayaan yang ada, dan ditunjang dengan swadaya manusia baik dalam penentuan kebijakan maupun pengelolaan modal dan manajemen. Dari pengeloiaan tersebut secara umum dapat dikatakan berhasil untuk mencapai tujuannya, hal ini terbukti bahwa Koperasi Mitra Usaha Mandiri telah membuka cabang diwilayah Bekasi, salah satunya adalah Koperasi Mitra Usaha Mandiri cabang Tarumajaya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Koperasi Mitra Usaha Mandiri sesuai dengan asas dan prinsif perkoperasian sebagai salah satu bentuk kerjasama yang bertujuan saling tolong menolong dalain kebaikan dan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: usaha koperasi,usaha mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan,di Desa Segarajaya
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:19
Last Modified: 14 Nov 2023 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82072

Actions (login required)

View Item View Item