Pengelolaan media sosial Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat melalui akun Instagram @disnakertransjabar

Hidayat, Mia Sri Nurlistiani (2023) Pengelolaan media sosial Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat melalui akun Instagram @disnakertransjabar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB 1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB 3..pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB 4..pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy

Abstract

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat adalah sebuah lembaga pemerintahan yang berada di tingkat Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Dinas ini bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia (tenaga kerja) serta transmigrasi di wilayah provinsi Jawa Barat. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat melakukan pengelolaan media sosial Instagram sebagai sarana untuk menjembatani komunikasi antara instansi dengan publik dan memberikan informasi yang akurat dan terpercaya terhadap publik seputar program tenaga kerja, transmigrasi, edukasi, dan acara atau kegiatan yang relevan dengan ketenagakerjaan dan ketransmigrasian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan-tahapan perencanaan komunikasi pada pengelolaan media sosial Instagram dalam menyebarkan informasi kepada publik dengan acuan konsep The Circular Model of Some for Social Communications melalui empat tahapan yaitu tahap membagikan (share), mengoptimakan (optimize), mengelola (manage), dan tahap melibatkan (engage). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, serta paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa proses pengelolaan Instagram @disnakertransjabar yang dijalankan oleh pengelola publikasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat dilakukan melalui 4 tahap. (1) share yaitu tahap membagikan informasi pada pengelolaan media sosial Instagram @disnakertransjabar yang meliputi kegiatan pembuatan konten informasi, kegiatan membagikan informasi dan membangun kepercayaan publik. (2) optimize yaitu tahap pengoptimalan konten yang akan dibagikan di Instagram @disnakertransjabar yang meliputi respon cepat, konsistensi dalam meningkatkan konten dan menciptakan konten yang informatif. (3) manage yaitu pengelolaan Instagam sebagai media Informasi meliputi kegiatan media monitoring, evaluasi rutin dan proses penanganan masalah. (4) engage yaitu melibatkan publik untuk menjalin hubungan yang baik yaitu dengan mengikutsertakan publik melalui fitur Instagram dan meningkatkan kualitas konten.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Instagram; SoMe; Disnakertransjabar;
Subjects: Special Computer Methods > Online Social Network
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Mia Sri Nurlistiani Hidayat
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:54
Last Modified: 14 Nov 2023 04:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82089

Actions (login required)

View Item View Item