Pemahaman siswa terhadap materi Dalil dan Ciri-ciri Islam Washatiyah (Moderat) dan Radikalisme hubungannya dengan sikap Toleransi : Penelitian pada kelas 10 di Madrasah Aliyah 106 Al Falaah Kopo

Basayev, Syamil (2023) Pemahaman siswa terhadap materi Dalil dan Ciri-ciri Islam Washatiyah (Moderat) dan Radikalisme hubungannya dengan sikap Toleransi : Penelitian pada kelas 10 di Madrasah Aliyah 106 Al Falaah Kopo. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Madrasah Aliyah 106 Al Falaah Kopo dipelajari tentang materi dalil dan ciri-ciri Islam washatiyah (moderat) dan radikalisme bertujuan untuk meningkatkan kesadaran sosial dan kemanusiaan siswa sehingga terciptanya karakter peserta didik yang mempunyai sikap toleransi terhadap lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemahaman siswa terhadap materi dalil dan ciri-ciri Islam washatiyah (moderat) dan radikalisme; 2) Sikap toleransi siswa kelas 10 Madrasah Aliyah 106 Al Falaah Kopo; 3) Hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi dalil dan ciri-ciri Islam washatiyah (moderat) dan radikalisme dengan sikap toleransi. Sikap seseorang secara teoritis dipengaruhi oleh pemahaman hal ini dipengaruhi oleh faktor internal berupa psikologis-intelegensi, hal ini disebabkan ketika seorang siswa memiliki pemahaman yang tinggi maka tinggi pula pengaplikasian apa yang diinterpretasikan dikehidupan, begitu juga dengan sikap toleransi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasional dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) Pemahaman siswa terhadap materi dalil dan ciri-ciri Islam washatiyah (moderat) dan radikalisme berkategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 80,94; 2) Sikap toleransi siswa kelas 10 Madrasah Aliyah 106 Al Falaah Kopo berkategori tinggi, dengan nilai rata-rata 3,9; 3) Hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi dalil dan ciri-ciri Islam washatiyah (moderat) dan radikalisme dengan sikap toleransi dengan koefisien korelasi sangat rendah dengan skor 0,199. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 2% dan sisanya 98% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Siswa; Islam Washatiyah; Radikalisme; sikap toleransi
Subjects: Islam > Dictionary and Encyclopedias of Islam
Islam > Interpretation and Criticism of Koran
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syamil Basayev
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:49
Last Modified: 14 Nov 2023 02:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82094

Actions (login required)

View Item View Item