Pengaruh model Project Based Learing terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Virus

Safitri, Gema (2023) Pengaruh model Project Based Learing terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Virus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan di sekolah masih berpusat pada pengajar, sehingga keterampilan berpikir kreatif pada peserta didik tidak terasah dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Dengan model penelitian quasi eksperiment dan desain non equivalent pretest-posttest control grup desin. Populasi penelitian ini seluruh keas X pada salah satu SMAN di Kabupaten Karawang tahun ajaran 2022/2023. Sampel dilakukan dengan cara purpose sampling, kelas X-11 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X-9 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik menggunakan model pembelajar project based learning menunjukkan hasil uji t dengan menggunakan SPSS versi 29 menunjukkan nila signifikasi t_(hitung )2,486 dengan t_(tabel )1,667 maka H_(0 )ditolak yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Pembelajaran dengan menggunakan model project based learning membutuhkan waktu yang lama sehingga diperlukan persiapan yang matang agar tujuan pembelajaran tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ketepampilan Berpikir Kreatif; Project Based Learning; Virus
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Gema Safitri
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:39
Last Modified: 15 Nov 2023 02:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82137

Actions (login required)

View Item View Item