Pelaksanaan Pasal 28 Undang-Undang No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dalam Pembuatan Akta Kelahiran di Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang

Damayanti, Lina (2005) Pelaksanaan Pasal 28 Undang-Undang No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dalam Pembuatan Akta Kelahiran di Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga atau instansi pemerintah dalam menjalankan suatu roda pemerintahan tergantung dari kerja keras staf-staafnya, begitu pula dengan masyarakatnya yang menjadi komponen dari suatu pemerintahan. Kondisi masyarakat suatu daerah harus menjadi titik tolak dari suatu lembaga guna keberhasilan peiaksanaan kegiatan yang sudah direncanakan dan di tetapkan. Undang-undang No.23 tahun 2002 khususnya pasal 28 dapat dikatakan sebagai suatu perubahan dan pengembangan dalam bidang hukum dimana undang-undang tersebut adalah merupakan suatu jalan menuju kepada arah yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peiaksanaan Undang-undang No.23 tahun 2002 tersebut khususnya pasal 28 dilaksanakan dan disosialisasikan oleh aparat pemerintah dalam hal ini kantor catatan sipil dan juga untuk mengetahui haambatan-hambatan yang ada dimasyarakat padahal semua itu sangat penting bagi masyarakat guna mendapatkan pengakuan sebagai warga negara dan demi kelancaran sensus penduduk. Penelitian ini bertitik tolak dari adanya suatu permasalahan yang timbul antara masyarakat yang sebagian besar tidak mendaftarkan kelahiran anaknya dan adanya suatu pasal yang bertolak belakang dengan kenyataan yang ada dilapangan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi analisis dan pendekatan yuridis normatif serta pendekatan sosiologis yaitu mengkaji kaidah-kaidah hukum yang sedang berlaku dimasyarakat khususnya tentang pembuatan akta kelahiran. Dari hasil penelitian di dapat bahwa dari Undang-undang yang sudah diundangkan tersebut tidak dilaksanakan dengan baik khususnya di sumedang karena dalam hal pembuatan akta kelahiran tersebut sudah ditentukan tarifnya dengan mengacu pada peraturan daerah yang ada dan masyarakatnyaa yang kurang memahami arti penting dari memiliki sebuah akta menjadi faktor yang sangat menentukan, sehingga undang-undang tersebut kurang dipahami padahal kalau antara dalam hal ini kantor catatan sipil dan masyarakatnya punya keinginan untuk saling membantu maka dapat dipastikan suatu undang-undang yang sudah diundangkan dan disahkan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa ada hambatan apapun yang dapat menghalangi kelancaran dalam peiaksanaan suatu undang undang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:20
Last Modified: 15 Nov 2023 01:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82142

Actions (login required)

View Item View Item