Fauziyah, Heni (2021) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa MI Kelas VI Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Bandung. Sarjana thesis, UIN SUnan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (701kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (866kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
Abstract
Setiap siswa memiliki tingkat kedisiplinan belajar yang berbeda-beda, dari siswa yang memiliki sikap disiplin dan tidak disiplin. Kedisiplinan belajar ini sedikitnya akan memengaruhi kualitas pembelajaran yang berdampak kepada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa MI kelas VI Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Peneliti ini mengkaji mengenai (1) tingkat kedisiplinan belajar siswa; (2) hasil belajar siswa; (3) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa MI kelas VI Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional yang diujikan kepada 53 siswa kelas VI di tiga sekolah yaitu MI Nurul Huda Kertasari, MI Cibeureum, dan MI Al-Mubarok. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket (kuesioner), tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial yang mana diawali dengan uji normalitas, uji korelasi product moment, uji determinasi, dan uji signifikansi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kedisiplinan belajar siswa MI kelas VI di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung secara umum termasuk pada kategori baik. Kategori baik memiliki persentase 66,03%. (2) Hasil belajar siswa MI kelas VI di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Kategori sangat tinggi ini memiliki persentase sebesar 30,2% dari 53 siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat ditunjukkan oleh hasil perhitungan uji korelasi product moment dengan rhitung 0,549, taraf signifikansi 5%, dan jumlah responden 53 maka jumlah rtabel 0,271. Dengan demikian rhitung (0,549) > rtabel (0,271), maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar (X) terhadap hasil belajar (Y). Hasil perhitungan uji determinasi menyatakan bahwa tingkat hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar sebesar 30%, dan hasil uji signifikansi menyatakan bahwa nilai thitung (5,61) > ttabel (2,008) yang berarti tingkat korelasi signifikansi pada penelitian ini signifikan. Kata kunci: kedisiplinan belajar, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin; Hasil Belajar; Kedisiplinan belajar |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | heni fauziyah |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 01:54 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 01:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82187 |
Actions (login required)
View Item |