pandangan masyarakat tentang pemindahan Mesjid Al-azhar antara hotel dengan penduduk non muslim dl jalan Sukawarna Kotamadya Bandung

Mintarsih, Mimin (1999) pandangan masyarakat tentang pemindahan Mesjid Al-azhar antara hotel dengan penduduk non muslim dl jalan Sukawarna Kotamadya Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3 fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)

Abstract

Sebuah kasus terjadi di Jalan Sukavvana Kelurahan Pajajaran Kecamatan Cicendo Kotamadya Bandung, berupa pemindahan mesjid wakaf, yang telah banyak menimbulkan pendapat yang pro dan kontra dikalangan vvarga masyarakat setempat. Sebagian diantara mereka mendukung atas pemindahan mesjid wakaf tersebut, sementara sebagian yang lain menolaknya dengan alasan-alasan tersendiri. Hal ini menarik untuk diteliti lebih lanjut, untuk mengetahui pandangan masyarakat tentang pemindahan mesjid wakaf antara hotel dengan penduduk non muslim di jalan Sukawama, faktor penyebab pemindahan mesjid wakaf tersebut dan status hukum syara' atas pemindahan mesjid wakaftersebut. Penelitian ini didasarkan pada P.P. No. 28 tahun 1977 pasaf 11 ayat 1 yang berbunyi “Pada dasarnya terhadap tanah milik yang telah diwakafan tidak dapat dilakukan perubahan peruntukkan atau penggunaan lain dari pada yang dimaksud dalam ikrar wakaf P.P. tersebut juga sejalan dengan hadits Rasulullah SAW Benda-benda yang telah diwakafkan tidak dijual, tidak dihibahkan dan tidak diwariskan...”. Penelitian ini mengggunakan metode deskriftif, pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Metode anaiisisnya melalui analisis kualitatatif. Sumber datanya diklasifikasikan ke dalam dua kategori, pimer dan sekunder. Data primer berupa hasii observasi dan waw'ancara ke lapangan. Sedangkan data sekunder berupa keterangan-keterangan lain yang ada relevansinya dengan masalah yang diteliti. Dari hasii penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pandangan masyarakat tentang pemindahan mesjid antara hotel dengan penduduk non muslim di Jalan Sukawama Kelurahan Pajajaran Kecamatan Cicendo Kotamadya Bandung , sebagaian masyarakat menyatakan boleh, dengan alasan bahwa pemindaan mesjid tersebut telah memenuhi ketentuan syarat pemindahan sebuah benda wakaf. Faktor penyebab terjadinya hal itu adalah bahwa di lokasi semula banggunannya tidak dapat dikembangkan lagi dan di sekitamva terdapat tanah adat dan tanah sengketa. Status hukum dalam pemindahan mesjid tersebut tidaak sesuai dengan hukum syarak Sebagaimana hadits Nabi. Juga hasii penjualan mesjid tersebut tidak digunakan untuk membangun mesjid yang baru tetapi digunakan untuk kepentingan pribadi, sementara itu mesjid yang baru, dibangun oleh pihak pembeli tanah wakaftersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pandangan Masyarakat; Pemindahan Mesjid; Penduduk Non Muslim
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:28
Last Modified: 09 Jan 2024 03:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82202

Actions (login required)

View Item View Item