Pelaksanaan Akad Kerjasama antara Pengusha Lampu Gentur dengan PT. Philips di Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur

Pathiyah, Eneng (2005) Pelaksanaan Akad Kerjasama antara Pengusha Lampu Gentur dengan PT. Philips di Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)

Abstract

Para pelaku Industri Rumah Tangga Lampu Gentur di Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur telah melakukan akad kerjasama pemasaran Lampu Gentur dengan PT. Philips Cabang Cianjur. Pengusaha Lampu Gentur menjual lampu tanpa merk kepada PT. Philips, Lampu Gentur yang memenuhi standar kualitas yang di tetapkan PT. Philips diberi merk yang sama dan dijual dengan standar harga yang di tetapkan PT. Philips. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) akad kerjasama pemasaran yang dijalankan oleh Pengusaha Lampu Gentur di Desa Jambudipa dengan PT. Philips, (2) faktor pendorong dan penghambat kelancaran kerjasama pemasaran antara Pengusaha Lampu Gentur dengan PT. Philips, dan (3) tinjauan Fiqh Mu’amalah terntang akad kerjasama pemasaran yang dijalankan oleh Pengusaha Lampu Gentur dengan PT. Philips. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa transaksi perdagangan dalam Islam bisa dilakukan dengan eara apapun asalkan kedua belah pihak menghindari penipuan (gharar), menipu merupakan perbuatan haram, berdosa besar. Semua ulama sepakat bahwa perbuatan itu sangat tercela. Seorang muslim dituntut untuk berlaku jujur dalam seluruh urusannya sebab keikhlasan beragama nilainya lebih tinggi daripada urusan usaha duniawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptip. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi,wawancara, dan studi kepustakaan. Sumber data primemya adalah 5 orang produsen Lampu Gentur yang berada di Desa Jambudipa yang sudah menjalin kerjasama pemasaran dengan PT. Philips dan Supriadi sebagai Manajer Pemasaran dari PT. Philips. Sumber data sekundemya adalah bagian-bagian tertentu dari literatur yang berhubungan dengan masalah ini. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) akad kerjasama pemasaran antara Pengusaha Lampu Gentur dan PT. Philips berlangsung melalui tahapan-tahapan: (a) menandatangani Nota Kesepahaman, (b) pengumpulan dan penampungan hasil produksinya, (c)pengiriman hasil produksi, (d) pengecekan kualitas, (e) pemberian merek, dan (f) ijab kabul; (2) faktor pendorong kerjasama pemasaran itu adalah (a) struktur organisasi yang baik, (b) SDM yang berkualitas, (c) kualitas produk yang baik, (d)harga produk yang bersaing, (e) falsafah pemasaran yang baik, (f) identitas merk yang terkenal, dan (g) adanya modal milik sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: (a)persaingan pangsa pasar, (b) pola produksi yang masih tradisional, (c) suku bunga kredit yang tinggi, (d)kebijakan politik dan sfabilitas pemerintahan, dan (e) munculnya para pesaing baru; dan (3) akad kerjasama pemasaran yang dijalankan oleh Pengusaha Lampu Gentur dengan PT. Philips adalah sah karena ia telah memenuhi rukun dan syarat akad kerjasama yang ditetapkan dalam Fiqh Mu’amalah serta menjunjung prinsip mendahulukan kepentingan uinum daripada kepentingan pribadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: akad,kerjasama,pengusaha
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 15 Nov 2023 06:42
Last Modified: 15 Nov 2023 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82211

Actions (login required)

View Item View Item