Upaya Perkawinan Pasangan Muallaf dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi di Kelurahan Cibuntu Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung)

Rohayati, Eneng (2005) Upaya Perkawinan Pasangan Muallaf dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi di Kelurahan Cibuntu Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)

Abstract

Perkawinan merupakan ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita yang menghalalkan penyaluran biologis untuk mencapai ketenangan hidup atau dengan istilah lain untuk mewujudkan rumah tangga yang sakinah mawaddali dan rahmah. Upaya untuk mewujudkan keluarga sakinah itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, lebih-lebih perkawinan ini yang dilakukan oleh pasangan muallaf, sementara orang Islam sendiri banyak yang gagal dalam mewujudkan keluarga sakinah. Sementara pasangan muallaf yang berada di Kelurahan Cibuntu Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung ini berupaya untuk mewujudkan keluarga sakinah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perkawinan pasangan muallaf, pemahaman pasangan muallaf terhadap hak dan kewajiban serta upaya yang dilakukan pasangan perkawinan muallaf dalam mewujudkan keluarga sakinah. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa keluarga sakinah bisa tercapai oleh keluarga manapun baik itu keluarga muslim maupun keluarga muallaf asalkan anggota keluarga bisa saling memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan pasangan muallaf, dan informan yang ada di Kelurahan Cibuntu serta studi kepustakaan, yaitu menelaah buku-buku yang ada hubungannya dengan masalah keluarga sakinah. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pasangan perkawinan muallaf dalam mewujudkan keluarga sakinah itu melalui proses pelaksanaan perkawinan yang sah yaitu berdasarkan syari’at agama dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, juga melalui tradisi yang berkembang di masyarakat. Pemahaman pasangan muallaf terhadap hak dan kewajiban apabila semua itu sudah terpenuhi baik kebutuhan lahir maupun keutuhan batin maka akan terwujudlah keluarga sakinah. Upaya yang dilakukan pasangan muallaf dalam mewujudkan keluarga sakinah diantaranya melakukan pemilihan calon pasangan suami istri yang baik, diantaranya melihat agamanya, adanya kecocokan diantara dua hati pasangan suami istri, melihat penampilan fisik dan dewasa. Dan selain itu melakukan upaya saling pengertian, saling percaya, saling kesetiaan, saling keterbukaan, dan upaya lainnya. Dengan demikian, pasangan muallaf dalam mewujudkan keluarga sakinah selain melakukan upaya-upaya di atas, temyata para pasangan muallaf ini mempunyai upaya tersendiri yaitu dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah karena upaya ini merupakan hal yang paling penting dalam hidup dengan saling mengingatkan terhadap pasangannya terutama dalam hal ibadah, maka terwujudlah keluarga yang sakinah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perkawinan,pasangan muallaf,keluarga sakinah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 15 Nov 2023 08:58
Last Modified: 15 Nov 2023 08:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82217

Actions (login required)

View Item View Item