kerjasama usaha antara Peternakan Ayam dengan Poultry Shop Cikupasakti Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang Menurut Perspektif Fiqh Muamalah

Anshori, Aan (2005) kerjasama usaha antara Peternakan Ayam dengan Poultry Shop Cikupasakti Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang Menurut Perspektif Fiqh Muamalah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)

Abstract

Kerjasama yang dilakukan Poultry Shop Cikupasakti dengan peternak ayam tersebut merupakan sesuatu yang memegang peranan penting dalam kaitannya dengan peningkatan penghasilan warga masyarakat, disini diperlukan kedudukan hukum, sehingga menjadi suatu yang jelas halal dan haramnya usaha tersebut dan tidak menimbulkan keraguan di masyarakat, terutama bagi mereka yang ingin bergabung dalam kerjasama usaha tersebut. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui sistem kerjasama usaha antara peternak ayam dengan Poultry' Shop Cikupasakti dalam perspektif muamalah. sehingga pada akhimya akan dapat diketahui manfaat dan madharat terhadap anggota dari terjadinya kerjasama usaha tersebut dan status hukumnya. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa manusia selama hidup di dunia tidak bisa hidup menyendiri, dalam artian membutuhkan orang lain dalam kehidupannya, antara lain dengan menjalin kerjasama antara individu yang satu dengan yang lainnya atau menjalin suatu ikatan hukum dalam lapangan harta kekayaan, dengan terlebih dahulu melihat syarat dan rukunnya. Kerjasama tersebut dalam fiqh muamalah dikenal dengan syirkah, mudharabah/qiradh dan jual beli. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan menggunakan metode Studi Kasus. Data doperoleh dari sumber data primer yaitu pihak Poultry Shop Cikupasakti dan anggotanya, disamping sumber data sekunder yang berupa literatur. Penelitian ini menggunakan tehnik observasi, wawancara dan stud: kepustakaan. Selanjutnya data dianalisis dengan mengklasifikasikan data yang terkumpul sesuai dengan tujuan penelitian ini, yang pada akhimya menghasilkan kesimpulan dari penelitian ini. Dari penelitian, ditemukan bahwa kerjasama usaha antara peternak ayam dengan Poultry Shop Cikupasakti jika dikaitkan dengan konsep syirkah dan konsep mudharabah/qiradh yang ada dalam fiqh muamalah, maka hal itu tidak sesuai karena ketidaksesuaian syarat dan rukunnya. Narnun jika dikaitkan dengan konsep jual bell,hal itu lebih cocok, karena dalam prakteknya yang di sesuaikan dengan konsep jual beli itu sendiri. Akhirnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem kerjasama usaha tersebut dapat digolongkan kepada kongsi petemakan, dan sistem usaha yang demikian itu di bolehkan oleh agama Islam dengan syarat hams ada kejelasan pada saat terjadinya perjanjian. Poultry Shop Cikupasakti dalam menjalankan roda bisnisnya lebih menitikberatkan kepada aspek tolong-menolong, sehingga manfaat dari keijasama ini lebih terasa disbanding madharatnya bagi para anggota. Kedudukan hukum kegiatar. kerjasama usaha tersebut dapat digolongkan pada syarikat yang sudah terikat perjanjian untuk saling membantu, hukum jual-beli ini dalam Islam tentu dibolehkan dengan syarat tidak melebihi batas-batas yang telah di tentukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kerjasama, usaha,peternakan ayam,perspektif fiqih muamalah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:49
Last Modified: 16 Nov 2023 02:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82222

Actions (login required)

View Item View Item