Analisis pemberitaan pada media televisi : Analisis wacana model Teun A van Dijk pada program acara Rosi episode "Angkat Isu Pelecehan, Komnas HAM Bela Sambo?" di Kompas TV

Setiawan, Andrian (2023) Analisis pemberitaan pada media televisi : Analisis wacana model Teun A van Dijk pada program acara Rosi episode "Angkat Isu Pelecehan, Komnas HAM Bela Sambo?" di Kompas TV. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Berita merupakan salah satu bentuk wacana dimana dalam pembuatannya seorang jurnalis selalu memiliki maksud tertentu baik yang disampaikan secara jelas ataupun tersirat demi mempengaruhi khalayak. Dalam menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial, jurnalis dapat membuat strategi untuk menyampaikan kritikan dengan pilihan gaya penyampaian, tetapi tetap mengutamakan keberimbangan, seperti yang dilakukan program acara Rosi episode “Angkat Isu Pelecehan, Komnas HAM Bela Sambo? Dari judulnya saja, Rosi sudah menunjukkan ketidakpuasannya terhadap sikap Komnas HAM terkait kasus pembunuhan dengan tersangka Jendral Bintang Dua, Ferdy Sambo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan apa yang ingin disampaikan program acara Rosi episode “Angkat Isu Pelecehan, Komnas HAM Bela Sambo?” di Kompas TV dengan mengundang Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik serta bagaimana wacana tersebut dibuat. Teori Analisis Wacana model van Dijk yang digunakan dalam penelitian ini dapat membantu kita untuk memahami makna tersembunyi dari sebuah wacana dengan membedah struktur teks pada wacana tersebut yang terbagi menjadi tiga kategori, yakni struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis wacana model van Dijk. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan terhadap dokumen berupa video tayangan program acara Rosi episode “Angkat Isu Pelecehan, Komnas HAM Bela Sambo?” yang diambil dari channel youtube Kompas TV. Hasil penelitian ini menunjukkan video tayangan program acara Rosi episode “Angkat Isu Pelecehan, Komnas HAM Bela Sambo?” digunakan jurnalis Kompas TV untuk mengkritisi serta meminta klarifikasi atau penjelasan terkait pernyataan Komnas HAM yang mengatakan bahwa ada ‘dugaan kuat’ terjadinya pelecehan seksual di Magelang yang dilakukan oleh Almarhum Brigadir J kepada istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Dalam tayangan tersebut Komnas HAM menyatakan bahwa rekomendasinya didasari oleh temuan Komnas HAM yang berlandaskan pada undang-undang TPKS, sehingga Komnas HAM berupaya untuk berlaku netral tidak ingin menambah atau mengurangi hal-hal yang memang tidak ada buktinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana; Media Televisi; Berita; Teori van Dijk;
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Philosopy and Theory > Language and Communication, Lexicology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Setiawan Andrian
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:30
Last Modified: 16 Nov 2023 07:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82272

Actions (login required)

View Item View Item