Pelaksanaan Marketing MIX terhadap Penghimpunan Dana Tabungan Mudharabbah pada PT. BPRS Tolong Menolong Bermanfaat (TOAT) di Kecamatan Bale Endah Kabupaten Bandung

Yuliah, Komaliyati (2006) Pelaksanaan Marketing MIX terhadap Penghimpunan Dana Tabungan Mudharabbah pada PT. BPRS Tolong Menolong Bermanfaat (TOAT) di Kecamatan Bale Endah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)

Abstract

Pada PT. BPRS “TOAT” Bale Endah Bandung terdapat tabungan Mudharabah. Mengingat produk tersebut belum dikenal luas oleh masyarakat maka penulis tertarik dengan konsep Marketing Mix. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan Marketing Mix dan produk-produk yang dihasilkan, pelaksanaan Marketing Mix dalam upaya penghimpunan dana tabungan Mudharabah, penerapan fiqih Muamalah terhadap pelaksanaan akad Mudharabah. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa dalam pelaksanaan Marketing Mix pada PT. BPRS “TOAT” mempunyai produk yang khusus yaitu produk tabungan Mudharabah, dan untuk meningkatkan produk tersebut harus ada kesepakatan antara kedua belah pihak yaitu pihak bank dan pihak nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Dalam menghimpun data primer, penulis menggunakan teknik wawancara. Sedangkan sumber datanya adalah dua pengurus PT. BPRS “TOAT” yaitu Direktur perusahaan dan satu karyawan dari bagian Marketing dan Pembiayaan. Data sekunder dari berbagai buku yang ada relevansinya dengan masalah yang dibahas dikumpulkan melalui survey buku. Hasil analisis menunjukan bahwa tujuan Marketing Mix yaitu untuk memperkenalkan keberadaan PT. BPRS “TOAT’ pada masyarakat luas, memperkenalkan dan menjual jasa serta produk yang dihasilkan PT. BPRS “TOAT’, mempengaruhi nasabah serta menarik nasabah sebanyak mungkin, membantu pemerintah untuk menarik masyarakat gemar menabung. Dan produk yang dihasilkan yaitu berupa tabungan dan pembiayaan. Pelaksanaan Marketing Mix dalam upaya penghimpunan dana tabungan Mudharabah meliputi tempat, harga, produk dan promosi. Penerapan fiqih Muamalah terhadap pelaksanaan akad mudharabah adalah dengan adanya kesepakatan atau perjanjian dari kedua belah pihak, dan akan lebih mempermudah cara penghimpunan dan pembiayaan dengan sistem bagi hasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: marketing,penghimpunan dana,tolong menolong
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:16
Last Modified: 17 Nov 2023 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82310

Actions (login required)

View Item View Item