Pendampingan konselor dalam pembinaan kepercayaan diri terhadap penyandang HIV/AIDS : Penelitian di Yayasan Grapiks Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Sya'ban, Muhammad Nur (2023) Pendampingan konselor dalam pembinaan kepercayaan diri terhadap penyandang HIV/AIDS : Penelitian di Yayasan Grapiks Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah penyandang HIV/AIDS yang makin hari makin meningkat di kalangan masyarakat yang merugikan baik bagi korban maupun bagi masyarakat sekitar. Akibat dari adanya kerugian tersebut maka dibutuhkanlah suatu tindakan pendampingan kepada penyandang HIV/AIDS. Pendampingan melibatkan tenaga professional yaitu konselor, konselor akan menjalankan peran-perannya dengan tujuan penyandang HIV/AIDS dapat lebih berdamai dengan kondisi yang dialaminya, ditandai dengan terbuka untuk mengakui kesalahan, tidak mudah menyalahkan orang lain, lebih bisa percaya diri dengan stigma lingkungan sekitar, serta rutin meminum obat ARV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah yang diambil oleh konselor dalam menjalankan perannya sebagai motivator, fasilitator, edukator, dan mediator di dalam proses pendampingan terhadap penyandang HIV/AIDS di Yayasan Grapiks. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah deskripiti kualitatif, dengan melakukan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian adalah konseli yang ada di Yayasan Grapiks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran konselor di yayasan grapiks (1) Sebagai motivator, melalui pendekatan motivational interviewing dengan tujuan klien akan dapat lebih mengekspresikan empati, mengembangkan diskprepansi, menerima resistensi, dan mendukung efikasi diri dari klien. (2) Sebagai fasilitator, konselor memberikan layanan bimbingan, psikoterapi, dan edukasi. (3) Sebagai edukator, dengan metode pemindahan pengetahuan secara langsung, seperti ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab. (4) Sebagai mediator, pendekatan konselor kepada keluarga klien adalah pendekatan client-centered agar klien memiliki kecakapan untuk menentukan isu yang penting bagi dirinya dan pemecahan masalahnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penyandang HIV/AIDS; Pendampingan Konselor; Kepercayaan Diri;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process > Social Change
Social Welfare, Problems and Services
Diseases > Diseases of Immune System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Nur Sya'ban
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:40
Last Modified: 20 Nov 2023 01:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82337

Actions (login required)

View Item View Item