Pengaruh penghimpunan dana infak dan penyaluran dana infak terhadap arus kas aktivitas operasi pada BAZNAS Cianjur periode tahun 2016-2021

Achdiyat, Mochamad (2023) Pengaruh penghimpunan dana infak dan penyaluran dana infak terhadap arus kas aktivitas operasi pada BAZNAS Cianjur periode tahun 2016-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy

Abstract

Penghimpunan Dana Infak merupakan pendapatan dari pengumpulan dari dana Infak di BAZNAS. Penyaluran Dana Infak merupakan pengeluaran uang dari dana Infak yang berhasil dikumpulkan. Kedua komponen ini mempengaruhi laporan keuangan yang menentukan Arus Kas Aktivitas Operasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Penghimpunan dana infak secara parsial terhadap Arus kas aktivitas operasi; 2) Pengaruh Penyaluran dana infak secara parsial terhadap Arus kas aktivitas operasi; 3) Pengaruh Penghimpunan dana infak dan Penyaluran dana infak secara simultan terhadap Arus kas aktivitas operasi pada BAZNAS Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis asosiatif yang meliputi analisis regresi linier dan berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis yaitu uji signifikan parsial (uji t) dan uji signifikan simultan (uji f). Pengelolaan data menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 25 sebagai penunjang pengelolaan data awal. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan BAZNAS Cianjur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penghimpunan Dana Infak di BAZNAS Cianjur secara parsial tidak terdapat hubungan antara Penghimpunan Dana Infak terhadap arus kas aktivitas operasi, diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan nilai t hitung < t tabel yaitu nilai 1,069 < 2,776 maka Ha ditolak dengan tingkat dengan nilai signifikansi 0,345 dan nilai koefisien determinasinya 22,2%. 2) Penyaluran Dana Infak di BAZNAS Cianjur secara parsial tidak terdapat hubungan antara Penyaluran Dana Infak terhadap arus kas aktivitas operasi diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan nilai t hitung < t tabel yaitu nilai 1,069 < 2,776, oleh karena itu Ha ditolak dengan nilai signifikansi 0,238 dan nilai koefisien determinasinya 32,4%. 3) Secara simultan Penghimpunan Dana Infak dan Penyaluran Dana Infak berpengaruh terhadap arus kas aktivitas operasi pada BAZNAS Cianjur dengan nilai nilai f hitung < f tabel yaitu nilai 0,840 < 9,55, oleh karena itu H0 diterima dan Ha ditolak,dengan nilai signifikansi 0,513 dan nilai koefisien determinasinya 35,9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penghimpunan Dana Infak; Penyaluran Dana Infak; Arus Kas aktivitas Operasi
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Mochamad Achdiyat Achdiyat
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:26
Last Modified: 20 Nov 2023 07:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82350

Actions (login required)

View Item View Item