Hubungan gaya kepemimpinan Kepala Madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bandung dan Kota Cimahi

Vanesha, Tantia (2023) Hubungan gaya kepemimpinan Kepala Madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bandung dan Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Penting bagi kepala Madrasah untuk menciptakan lingkungan yang kondusif agar kinerja tenaga kependidikan berjalan dengan efektif dan efisien. Peranan kepala Madrasah sebagai manajer pada sebuah lembaga pendidikan bertanggung jawab dalam membina bawahannya agar mencapai tujuan yang diharapkan sesuai dengan visi dan misi Madrasah yang telah ditetapkan. Tentunya dengan mengadaptasi gaya kepemimpinan yang sesuai dalam mencapai tujuan tersebut. Sebagai upaya memelihara keharmonisan, kesejahteraan,dan menyesuaikan diri dengan situasi serta kondisi bawahan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan realitas gaya kepemimpinan kepala Madrasah di Man Kota Bandung dan Kota Cimahi 2) mendeskripsikan realitas kinerja tenaga kependidikan di Man Kota Bandung dan Kota Cimahi 3) menganalisis hubungan gaya kepemimpinan kepala Madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan di MAN Kota Bandung dan Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu menyebar angket. Adapun teknik analisis pada penelitian ini dibantu dengan program SPSS 26 untuk menganalisis instumen (validitas dan reliabilitas), analisis statistik deskriptif, analisis asumsi (normalitas dan linearitas) dan statistik inferensial berupa uji korelasi koefisien. Hasil Penelitian menjelaskan bahwa variabel X memiliki sebaran data normal dan hasil perhitungan rata-rata parsial indikator dalam variabel adalah 3,26 yakni berada pada kategori sangat tinggi. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dinilai baik. Variable Y memiliki sebaran data normal dan hasil perhitungan rata-rata parsial indikator dalam variabel adalah 3,23 yakni berada pada kategori tinggi. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Kinerja Tenaga Kependidikan dinilai baik. Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah memiliki hubungan yang signifikan dengan Kinerja Tenaga Kependidikan dengan nilai Sig. (2-tailed) antara variable X dengan variable Y adalah sebesar 0,008 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Nilai r hitung Pearson Correlation yaitu 0,466 > 0,344 (r tabel) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan atau korelasi antara variabel X dengan variabel Y serta kriteria kekuatan hubungan sedang/cukup. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan pada kepala Madrasah untuk dapat tetap mempertahankan atau bahkan meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara sering berkomunikasi dengan tenaga kependidikan agar mengetahui hal apa saja yang masih rendah atau kendala yang dialami oleh tenaga kependidikan, sehingga dapat segera diperbaiki atau membuat kebijakan baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan; Kinerja
Subjects: Social Process > Leadership
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Tantia Vanesha
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:31
Last Modified: 22 Nov 2023 06:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82397

Actions (login required)

View Item View Item