Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui objek wisata Tanjung Duriat : Studi deskriptif di Desa Pajagan Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang

Baroqah, Salman (2023) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui objek wisata Tanjung Duriat : Studi deskriptif di Desa Pajagan Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Desa wisata ini bisa menjadi pilihan yang menarik dengan dukungan penuh dari pemerintah dalam pengembangan pariwisata di Indonesia. Adanya Desa Wisata juga berpotensi untuk melindungi dan melestarikan alam karena salah satu daya tariknya adalah keasrian kawasan tersebut. Oleh karena itu, Desa Wisata ini membawa manfaat ekonomi dengan menyediakan sumber pendapatan baru yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui program pemberdayaan ekonomi masyarakat pada objek wisata, proses implementasi program pemberdayaan ekonomi masyarakat di objek wisata dan dampak pengembangan objek wisata Tanjung Duriat terhadap perekonomian masyarakat di Desa Pajagan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan dikemukakan oleh Robinson memaknai pemberdayaan sebagai sebuah proses yang dilakukan individu atau kelompok dalam bentuk pengeluaran ide secara bebas, pengembangan potensi diri melalui tindakan sebagai wujud kreativitas yang disalurkan dalam kehidupan bermasyarakat. Jenis metode penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian deskriptif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi objek secara alamiah, peneliti berperan sebagai pelaku utama. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, program pemberdayaan yang dilakukan berupa pembangunan sarana/prasarana di lingkungan objek wisata. Kedua, implementasi pelaksanaan dari program tersebut salah satunya pembangunan jalan menuju objek wisata. Ketiga, objek wisata Tanjung Duriat berdampak positif pada pemberdayaan ekonomi dapat mengurangi pengangguran ditandai dengan terbukanya lapangan pekerjaan berupa pengelola wisata, penjaga warung, dan pekerja khusus di saat melakukan sebuah pembangunan. Kata Kunci: Ekonomi Masyarakat, Objek wisata, dan Pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Masyarakat; Objek wisata; dan Pemberdayaan
Subjects: Teori of Knowledge
Teori of Knowledge > Axiology
Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Baroqah Salman
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:45
Last Modified: 21 Nov 2023 07:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82423

Actions (login required)

View Item View Item