Akad Produk Dana Pensiun di Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 (Perbandingan antara Akad Syari'ah dan Konvensional)

Susilawati, Eka (2008) Akad Produk Dana Pensiun di Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 (Perbandingan antara Akad Syari'ah dan Konvensional). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (4).pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (4).pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (4).pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1 (4).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2 (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3 (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4 (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)

Abstract

Asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikat diri pada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggungjawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin ada diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Pengertian umum asuransi tersebut selama ini menjadi acuan semua perusahaan konvensional, mengandung cacat atau tidak sejalan dengan syari’ah Islam. Pengertian asuransi syari'ah ( ta’min, takaful, atau ttadhamun) adalah usaha saling melindungi atau tolong-menolong di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk asset dan atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad/perikatan yang sesuai dengan syari'ah. asuransi Yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana pelaksanaan akad produk Mitra Sakinah di AJB Bumiputera 1912 Syari’ah Cabang Bandung dan apa saja hal-hal yang mendasari perbedaan akad asuransi syari’ah dan konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan akad produk Mitra Sakinah di AJB Bumiputera 1912 Syari’ah Cabang Bandung dan untuk mengetahui hal-hal yang mendasari perbedaan akad asuransi syari’ah dan konvensional. Penulisan laporan ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriftif dengan cara studi lapangan melalui observasi dan wawancara, kemudian di dukung dengan studi kepustakaan. Penelitian dilakukan di AJB Bumiputera 1912 Syari’ah Cabang Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pelaksanaan akad produk Mitra Sakinah menggunakan akad tijarah(dengan prinsip bagi hasil/mudharabah) dan akad tabarru’ (akad tolong-menolong). Hal-hal yang mendasari perbedaan antara akad asuransi syari’ah dan konvensional adalah asuransi syari’ah menggunakan akad tabarru’(toIong-menolong), sedangkan akad asuransi konvensional menggunakan akad jual beli(tabadduli).adapun persamaannya adalah adanya pihak penanggung dan tertanggung,memiliki polis asuransi, obyek asuransi dan mengenai agen asuransi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Produk Dana Pensiun,Asuransi Jiwa,Konvensional
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL7 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:59
Last Modified: 21 Nov 2023 07:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82437

Actions (login required)

View Item View Item