Tanggung jawab pemerintah kota Bandung dalam mencerdaskan bangsa melalui program Bandung cerdas berdasarkan Undang-Undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat perspektif Siyasah Maliyah

Abdussalam, Dilan (2023) Tanggung jawab pemerintah kota Bandung dalam mencerdaskan bangsa melalui program Bandung cerdas berdasarkan Undang-Undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat perspektif Siyasah Maliyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) angka putus sekolah di Indonesia yang meningkat dari tahun sebelumnya. Akan tetapi, dikarenakan faktor ekonomi yang tidak mendukung sehingga tidak semua warga negara bisa menempuh pendidikan yang layak dan tamat. Pemerintah membentuk sebuah Lembaga resmi yang bertugas mensejahterakan masyarakat yaitu Badan Amil Zakat Nasioal atau BAZNAS. Untuk membantu dan mensejahterakan masyarakat khususnya bidang pendidikan sehingga Baznas tentu harus menyalurkan dan mengelola zakat dengan secara efektif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Mekanisme pendistribusian zakat, infak dan shadaqah oleh Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung; 2) Dasar hukum dan hasil yang diperoleh masyarakat dalam Program Bandung Cerdas; 3) Tinjauan Siyasah terhadap mekanisme, dasar hukum dan hasil yang diperoleh melalui Program Bandung Cerdas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori siyasah maliyah yaitu kajian yang mengatur tentang politik ekonomi islam dalam mengatur kebijakan pengelolaan system keuangan dalam pengelolaan zakat. Selanjutnya teori kewajiban negara (Mas’uliyyah Ad-daulah), teori jaminan sosial (Ad-dhaman Al ijtima’i), keseimbangan sosial (At-Tawazun al ijtima’i) dan intervensi negara (At-Tadakhul Ad-Daulah). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan jenis penelitian kualitatif. Dengan pendekatan yuridis empiris dengan menghimpun dan menganalisis sebuah data yang berkaitan berupa wawancara dan sumber-sumber terutulis yeng berkaitan dengan judul peneliti sehingga dalam persoalan kasus tersebut biasanya ditemui dengan penyebab seperti masalah, hambatan, kesulitan dan penyimpangan. Hasil dari penelitian ini ditemukan: 1) Mekanisme Pendistribusian ZIS oleh Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung. Menggunakan metode langsung dengan mustahiq dating langsung ke kantor badan amil zakat dan metode tidak langsung dimana pertugas amil dating langsung ke sekolah untuk memberikan bantuan pendidikan. 2) Dasar hukum dan hasil dalam Program Bandung Cerdas yakni Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan hasil yang hanya bersifat pendayagunaan perlu ditingkatkan agar dapat menghasilkan output yang continuenitas. 3) tinjauan siyasah Maliyah terhadap Program Bandung Cerdas oleh Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung telah membawa kesejahteraan (kemashlahatan) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan prinsip Siyasah Maliyah untuk kemaslahatan rakyat berdasarkan skala prioritas, pemerataan, keadilan, dan kewilayahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Baznas; Siyasah Maliyah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Constitutional and Administrative Law
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Dilan Abdussalam
Date Deposited: 22 Nov 2023 00:39
Last Modified: 22 Nov 2023 00:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82473

Actions (login required)

View Item View Item