Pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap peningkatan keterampilan proses sains pada materi perubahan lingkungan

Amelia, Elsa (2023) Pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap peningkatan keterampilan proses sains pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang digunakan untuk memahami fenomena, memperoleh dan menerapkan konsep sains yang dibutuhkan dalam pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap peningkatan keterampilan proses sains pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan non-equivalent control group design. Sampel penelitian yang dipilih yaitu dua kelas dan diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Predict Observe Explain memperoleh nilai persentase 98% sangat baik pada aktivitas guru dan 96% sangat baik pada aktivitas peserta didik kemudian pada kelas tanpa menggunakan model Predict Observe Explain memperoleh nilai persentase sebesar 98% sangat baik pada aktivitas guru dan 94% sangat baik pada aktivitas peserta didik. Peningkatan keterampilan proses sains kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0.61 sedang dan kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0.50 sedang. Kemudian diperoleh hasil uji Mann-Whitney dengan nilai 0.044 < 0.05 H0 ditolak H1 diterima. Data diperkuat dengan nilai uji effect size 1.20 berpengaruh sangat besar. Hasil respon peserta didik menunjukan hasil positif dan baik dibuktikan dengan persentase kelas eksperimen 78% baik dan kelas kontrol persentase 74% baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan model Predict Observe Explain terhadap peningkatan keterampilan proses sains pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains; Model Predict Observe Explain; Perubahan Lingkungan;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Elsa Amelia
Date Deposited: 23 Nov 2023 00:58
Last Modified: 23 Nov 2023 00:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82520

Actions (login required)

View Item View Item