Persepsi mahasiswa tentang pemberitaan pelecehan seksual: Studi deskriptif pada Berita “Biadab! Guru Pesantren di Bandung Perkosa 14 Santriwati” di Media detik.com

Adytia, Restu Aji (2023) Persepsi mahasiswa tentang pemberitaan pelecehan seksual: Studi deskriptif pada Berita “Biadab! Guru Pesantren di Bandung Perkosa 14 Santriwati” di Media detik.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)

Abstract

Peliputan pelecehan seksual adalah tindakan yang sudah lama terjadi di kalangan jurnalis. Dalam menjalankan tugasnya, jurnalis harus mengikuti pedoman Kode Etik Jurnalistik dan kode perilaku yang berlaku dalam organisasi yang mereka ikuti. Namun, tidak semua jurnalis mengikuti pedoman tersebut dan karena perbedaan pemahaman, pemberitaan pelecehan seksual ini selalu menjadi sumber perdebatan di kalangan jurnalis. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menggambarkan bagaimana pemahaman siswa jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati atas laporan pelecehan seksual di platform detik.com. Metode penelitian deskriptif dipakai untuk menguraikan hasil penelitian dalam menjelaskan secara terperinci mengenai pandangan mahasiswa jurnalistik tentang pemberitaan pelecehan seksual dan hubungannya dengan persepsi. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini didasari konsep persepsi yang dijelaskan oleh Alex Sobur yang menyatakan bahwa persepsi melibatkan tiga tahapan. Tahap utama tersebut adalah seleksi, interpretasi, dan reaksi. Seleksi merupakan proses pengambilan stimulus atau rangsangan dari lingkungan. Interpretasi adalah proses pengorganisasian informasi untuk memberikan makna pada objek yang diterima. Reaksi adalah tindakan dan perilaku yang muncul sebagai respons dari informasi yang telah diterima sebelumnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati sebagian menganggap bahwa pemberitaan pelecehan seksual merupakan sesuatu yang lumrah dan harus tetap dihadapi dengan cara yang professional. Ada dua perbedaan pendapat besar yang menyatakan bahwa pemberitaan pelecehan seksual harus dipahami dengan mengedepankan profesionalisme untuk menghindari kemungkinan konflik penggunaan Bahasa jurnalistik dan pendapat mengenai pemberitaan pelecehan seksual yang bisa dirasakan secara emosional oleh jurnalis agar berita yang diterbitkan ke khalayak sangat terasa emosinya. Dari penelitian ini diharapkan mahasiswa khususnya jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik harus bisa memiliki atensi yang lebih pada pemberitaan kasus pelecehan seksual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Kloning; Pemahaman; Kode Etik Jurnalisme; Wartawan
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Perpus Uin bdg
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:40
Last Modified: 23 Nov 2023 05:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82551

Actions (login required)

View Item View Item