Pengaruh bimbingan karir terhadap pengambilan keputusan pemilihan jurusan studi: Penelitian pada santri kelas XII MA Darul Arqam Putri Muhammadiyah Garut

Nurhidayati, Siti Fathonah (2023) Pengaruh bimbingan karir terhadap pengambilan keputusan pemilihan jurusan studi: Penelitian pada santri kelas XII MA Darul Arqam Putri Muhammadiyah Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan pada tingkat SMA merupakan sekolah yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan yang lebih atas atau perguruan tinggi. Tetapi tidak semua siswa siap untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi karena kurangnya pemahaman dan informasi mengenai karir tersebut. Maka dari itu siswa membutuhkan layanan bimbingan karir. Permasalahan karir merupakan permasalahan masa depan setiap siswa. Salah satu permasalah karir tersebut adalah kurangnya pemahaman diri. Layanan bimbingan karir juga dapat membantu siswa dalam mengatasi permasalahan karir tersebut. Dengan demikian, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan karir terhadap pengambilan keputusan pemilihan jurusan studi. Penelitian ini berlandaskan pada indikator variabel bimbingan karir yaitu pemahaman diri, pemahaman terhadap dunia kerja, perencanaan dan pemilihan karir, serta indikator pada variabel pengambilan keputusan pemilihan jurusan studi yaitu eksplorasi (pencairan), kristalisasi (peristiwa pembentukan), pemilihan, klarifikasi (penjelasan). Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan variabel bebas dalam penelitian ini adalah bimbingan karir (X) dan variabel terikatnya adalah pengambilan keputusan pemilihan jurusan studi (Y). Cara penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 93 santri Madrasah Aliyah Putri Darul Arqam. Instrumen yang digunakan yaitu angket tertutup dengan menggunakan skala bimbingan karir dan skala pengambilan keputusan pemilihan jurusan studi. Teknik analisis data yang digunakan dengan teknik analisis data regresi mengenai pada formula rank pearson untuk menguji pengaruh suatu variabel bebas dan variabel terikat, serta menggunakan teknik koefisien determinasi Runtuk menguji pengaruh suatu variabel bebas dan variabel terikat, serta menggunakan teknik koefisien determinasi R2 (R square). Berdasarkan hasil penelitian data menunjukkan bahwa bimbingan karir berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pemilihan jurusan studi dengan nilai signifikasi (p = 0 < 0,05) dan hasil KD = 43,6% yang artinya terdapat pengaruh bimbingan karir terhadap pengambilan keputusan pemilihan jurusan studi santri kelas XII Madrasah Aliyah Darul Arqam Putri sebesar 43,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir; Pengambilan Keputusan; Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siti Fathonah Nurhidayati
Date Deposited: 24 Nov 2023 00:53
Last Modified: 24 Nov 2023 00:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82559

Actions (login required)

View Item View Item